Text
Strategi Pendidikan Pesantren dalam Menghadapi Tantangan di Era Millenial di Al-Amin Tegal, Prenduan
Kata Kunci: Pesantren, tantangan era millenial, al-Amien Tegal, Prenduan
Pesantren merupakan tempat untuk menimba ilmu, khususnya ilmu
agama. Di era millennial, justru tantangan zaman semakin berkembang,
sehingga hal ini dapat menjadi kelemahan bagi peserta didik untuk belajar fokus
ketika di kelas. Al-Amin tegal, Prenduan merupakan pondok [esantren yang
berbasis umum. Sehingga terdapat beberapa peserta didik yang tidak menetap.
Berdasarkan hal tersebut, ada tiga permasalahan yang menjadi pokok dalam
penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana upaya lembaga pendidikan pesantren dalam
menghadapi tantangan di era milenial di MA Al-Amien Tegal Prenduan?; (2)
Apa saja metode yang digunakan lembaga pendidikan pesantren dalam
menghadapi tantangan di era milenial di MA Al-Amien Tegal Prenduan?; (3)
Apa faktor pendukung dan penghambat lembaga pendidikan pesantren dalam
menghadapi tantangan di era milenial di MA Al-Amien Tegal prenduan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Studi kasus adalah satudi penelitian tentang kasus. Kasus yang
diteliti yaitu tentang Strategi Pendidikan Pesantren dalam Menghadapi
Tantangan di Era Millenial di Al-Amin Tegal, Prenduan.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Contoh upaya yang dilakukan
adalah adanya teknologi untuk mempermudah pembelajaran saat ini. Seperti
gadget sebagai sarana untuk menelusuri bidang keilmuwan lebih jauh; (2)
Memperketat peraturan, larangan membawa hp ke dalam kelas dan
memperbanyak kegiatan belajar mengajar; (3) diantara faktor pendukung yaitu
adanya sarana dan prasarana yang memadai.
Tidak tersedia versi lain