Text
Dampak Penggunaan gadget pada efektivitas belajar siswa di MA. Raudlatut Tholibin Ganding Sumenep
Kata Kunci: Penggunaan Gadget, Efektivitas Belajar.
Dengan hadirnya gadget kehidupan manusia kini lebih dipermudah dari
kehidupan yang dulunya tradisional kini sudah modern berkat hadirnya teknologi.
Di era saat ini segala sesuatu dapat diselesaikan dengan mudah dan lebih praktis
termasuk dalam proses belajar mengajar. Dengan hadirnya gadget banyak sekolah
yang memanfaatkan gadget dalam proses pembelajarannya termasuk di MA.
Raudlatut Tholibin Ganding Sumenep. Adapun tujuan penelitian ini untuk
mengetahui Dampak penggunaan Gadget pada Efektivitas belajar siswa di MA.
Raudlatut Tholibin Ganding Sumenep, Adapun dua fokus dalam penelitian ini
yaitu: 1) Bagaimana penggunaan gadget di MA. Raudlatut Tholibin Ganding
Sumenep. 2) Bagaimana Dampak penggunaan gadget pada efektifitas belajar
siswa di MA. Raudlatut Tholibin Ganding Sumenep.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Kualitatif,
dengan jenis penelitian deskriptif, sumber data diperoleh melalui cara observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Informen dalam penelitian ini meliputi kepala
sekolah satu guru Pelajaran dan tiga siswa. Data yang dihasilkan dilapangan
dianalisis melalui cara reduksi data, penyajian data serta kesimpulan.
Adapun Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan gadget di
MA. Raudlatut Tholibin Ganding Sumenep yaitu gadget yang sering digunakan
berupa handphone dan penggunaannya terjadi dua kali dalam satu bulan
sedangkan dampak terhadap efektifitas belajar siswa yang meliputi dampak positif
dan dampak negatif. Dampak positif bisa didapatkan Ketika siswa menggunakan
gadged nya dengan bijak dan mengikuti aturan yang diberlakukan sedangkan
dampak negatifnya ini terjadi Ketika gadget tersebut digunakan untuk hal-hal
yang tidak penting dan tidak ada kaitannya dengan pembelajaran disekolah.
Tidak tersedia versi lain