Text
Efektivitas E-learning terhadap Minat Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam ( PAI) Kelas D Angkatan 19 IAIN Madura
Kata Kunci : Efektivitas, E-learning, Minat Belajar
Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya problem covid 19 yang meledak pada
tahun 2019 lalu. Oleh karena itu, seluruh sektor tatanan kehidupan dipengaruhi oleh wabah
covid 19 salah satunya adalah sektor pendidikan. Pendidikan yang pada mulanya
dilaksanakan tatap muka, maka setelah mewabahnya covid 19 mengharuskan pembelajaran
dilaksanakan secara jarak jauh guna memutus rantai penularan wabah covid 19. Maka dari
itu, Institut Agama Islam Negeri Madura membuat solusi alternatif dari pembelajaran jarak
jauh dengan menggunakan aplikasi berbasis web yaitu E-learning. Maka dari hal itu,
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran penggunaan E-learning,
kemudian dihubungkan dengan minat belajar mahasiswa, dan efektivitas penggunaan Elearning IAIN Madura di ruang lingkup Prodi Pendidikan Agama Islam Kelas D Angkatan
19 IAIN Madura.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Sumber
data diperoleh melalui wawancara, data polling, observasi dan dokumentasi. Responden atau
informannya adalah Ketua pengelola Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data IAIN
Madura, Dosen mengajar di Prodi PAI kelas D angkatan 19 IAIN Madura. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui pengamatan panjang, Triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : pertama, E-learning yang berperan sebagai
media pembelajaran dengan harapan media ajar E-learning ini sebagai alternatif pendukung
proses belajar-mengajar pada pandemi covid-19. Kedua, Minat belajar jika dikaitkan dengan
media pembelajaran E-learning yang digunakan di IAIN Madura, maka memperoleh hasil
minat belajar mahasiswa dipengaruhi oleh media pembelajaran E-learning meskipun tidak
secara signifikan. Ketiga, E-learning bersifat relatif dalam arti bisa efektif dan bisa tidak
efektif. Di karenakan, E-learning adalah aplikasi web yang diakses oleh user yang berbeda
sehingga setiap individual dosen maupn mahasiswa. Namun, berdasarkan hasil polling yang
disebarkan pada mahasiswa prodi PAI angkatan 19 IAIN Madura menunjukkan hasil bahwa
E-learning tidak efektif digunakan dengan jumlah besar persentase 81,57% (hasil persentase
E-learning IAIN Madura tidak efektif digunakan dan bisa mempengaruhi minat belajar
mahasiswa).
Tidak tersedia versi lain