Text
Penguatan Aqidah Ahl al- Sunnah wa al-Jama’ah Santri di Langgar Miftahul Ulum Nyantren Pao gading Murtajih Pademawu Pamekasan
Kata Kunci: Aqidah Ahl al- Sunnah wa al-Jama’ah, Langgar Miftahul Ulum
Nyantren
Eksistensi langgar yang merupakan sebagai salah satu tempat pendidikan
keagamaan khususnya bagi masyarakat pedesaan, perlu ikut serta berpartisipasi
bersama lembaga-lembaga pendidikan lainnya dalam menanamkan serta
meningkatkan kualitas pendidikan ummat islam, khususnya yang berkaitan
dengan Aqidah/ keyakinan. Oleh karenanya, langgar memiliki peranan penting
dalam memberikan penguatan Aqidah yang benar dan kokoh, yaitu Aqidah Ahl alSunnah wa al-Jama’ah terhadap setiap santri.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pelaksanaan
penguatan aqidah Ahl al- Sunnah wa al-Jama’ah santri di Langgar Miftahul Ulum
Nyantren?. Apa faktor pendukung dalam pelaksanaan penguatan aqidah Ahl alSunnah wa al-Jama’ah santri di Langgar Miftahul Ulum Nyantren?. Apa faktor
penghambat dalam pelaksanaan penguatan aqidah Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah
santri di Langgar Miftahul Ulum Nyantren?
Dan untuk menjawab permasalahan ini, dilakukan penelitian dengan
pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Lokasi penelitian dipilih Langgar
Miftahul Ulum Nyantren yang terletak di Dusun Pao gading Desa Murtajih
Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Pengumpulan data dilakukan
dengan metode observasi partisipasif, wawancara mendalam, dan metode
dokumentasi terhadap sejumlah sumber terkait. Analisis data dilakukan selama
dan setelah penelitian berlangsung dengan menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Penguatan aqidah Ahl alSunnah wa al-Jama’ah santri di Langgar Miftahul Ulum Nyantren dilakukan
melalui: a) metode pemahaman, b) metode pembiasaan, c) metode keteladanan
melalui sikap yang baik yang ditunjukkan dan dipraktekkan oleh pengasuh dan
para mu’allim. 2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan penguatan aqidah Ahl alSunnah wa al-Jama’ah santri di Langgar Miftahul Ulum Nyantren, adalah sebagai
berikut: a) Adanya dukungan dan partisipasi masyarakat serta pihak yang terkait.
b) Adanya semangat, ketelatenan dan kesabaran pengasuh/ mu’allim dalam
membimbing santri. c) Sosok pengasuh/ mu’allim yang menjadi suri tauladan bagi
santri. d) Adanya Kekompakan dan kerjasama antara pengasuh dan mu’allim
dalam mensukseskan pendidikan di langgar. 3) Faktor penghambat dalam
pelaksanaan penguatan aqidah Ahl al- Sunnah wa al-Jama’ah santri di Langgar
Miftahul Ulum Nyantren adalah sebagai berikut: a) Pengaruh perkembangan
teknologi yang semakin canggih. b) Terbatasnya waktu pembelajaran di kelas. c)
Faktor kurangnya motivasi santri. d) Metode yang digunakan kurang tepat.
Tidak tersedia versi lain