Text
Pembelajaran Nahwu Shorof Sebagai Dasar Keterampilan Membaca Kitab Kuning Murid MD Muballighin 1 Tanjung Pademawu Pamekasan,
Kata kunci: Pembelajaran Nahwu Shorof, Keterampilan Membaca Kitab Kuning
Kajian skripsi ini di latar belakangi oleh perlunya pembelajaran nahwu shorof sebagai
modal dasar dalam membaca dan memahami kitab kitab Agama Islam khususnya kitab kuning
yang notabennya bertuliskan Arab. Dalam artian seseorang ketika ingin belajar membaca kitab
kuning penting baginya terlebih dahulu belajar ilmu nahwu dan shrorof sebagai dasar untuk
membaca dan memahaminya, sesuai dengan arti dari nahwu dan shorof itu sendiri yaitu nahwu
merupakan pondasi atau undang undang dalam bahasa arab untuk mengetahui bentuk bentuk dan
keadaannya dalam suatu kalimat sedangkan shorof yaitu mengubah bentuk asal kepada bentuk
bentuk lain untuk mencapai arti yang di kehendaki.
Dalam penelitian ini terdapat tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam
penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana pelaksanaan pembelajaran nahwu shorof di MD
Muballighin 1 Tanjung Pademawu Pamekasan, kedua faktor apa saja yang mempengaruhi
pelaksanaan pembelajaran nahwu shorof sebagai dasar keterampilan membaca kitab kuning
murid MD Muballighin 1 Tanjung Pademawu Pamekasan, ketiga Apa saja metode yang di
gunakan dalam melaksanakan pembelajaran nahwu shorof sebagai dasar keterampilan membaca
kitab kuning murid MD Muballighin 1 Tanjung Pademawu Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Untuk mendapatkan data
penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, adapun untuk
pengecekan keabsahan datanya peneliti menggunakan metode triangulasi sumber data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya pembelajaran nahwu shorof di MD Muballigin 1
tanjung dijadwalkan 1 minggu 1 kali pertemuan dan hanya kelas 4,5, dan 6 sajalah yang diberi
materi pembelajaran tersebut. Pelaksanaan pembelajarannya meliputi 3 aspek yaitu: pra
pembelajaran, pembelajaran inti, dan penutup. Dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat faktor
faktor yang menjadi penghambat juga pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran nahwu
shorof. Berikut beberapa faktor yang menjadi penghambat pelaksanaan pembelajaran nahwu
shorof: a.) siswa b.) media pembelajaran c.) perhatian orang tua. Sedangkan yang menjadi faktor
pendukung yaitu: a.) guru b.)orang tua. Pada saat pelaksaan pembelajaran berlangsung tentunya
terdapat metode metode yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan pembelajaran, dalam
hal ini guru menggunakan tiga metode yaitu a.) metode ceramah b.) metode tanya jawab c.)
metode resitasi atau pekerjaan rumah
Tidak tersedia versi lain