Text
EPISTEMOLOGI QUR’ANI DALAM PENDIDIKAN ( Studi Analisis Dalam Kitab Usûl At Tarbiyah Al Islamiyah Karya Dr. Kholid Bin Hamid al Hazimi )
Kata Kunci : Epestimologi Qur’ani , Pendidikan , Kitab Usul At Tarbiyah Al Islamiyah
Al-Quran berkedudukan sebagai rujukan primer dalam pendidikan islam, Dia
berfungsi sebagai Tuntunan yang bersifat menyeluruh dalam kehidupan manusia.
Pendidikan islam tidak bersandar pada hawa nafsu atau pendapat-pendapat yang
menyimpang dari syariat, melainkan ia mempunyai rujukan yang jelas.
Adapun fokus penelitian ini adalah: 1) Bagimana Epistemologi Qur’ani dalam
pendidikan yang terdapat dalam kitab Usul at Tarbiyah Al Islamiyah karya Dr. Kholid Bin
Hamid Al Hazimi ? 2) Bagimana Pemikiran Dr. Kholid Bin Hamid Al Hazimi tentang
tujuan Pendidikan berdasarkan epistimologi qur’ani yang terdapat dalam kitab Usul at
Tarbiyah Al Islamiyah ? 3) Bagaimana relevansi Pemikiran Dr. Kholid Bin Hamid Al
Hazimi Tentang tujuan Pendidikan dalam kitab Usul at Tarbiyah Al Islamiyah dengan
Kurikulum Merdeka ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
kepustakaan. Sumber data primernya adalah kitab Usul at Tarbiyah Al Islamiyah karya Dr.
Kholid Bin Hamid Al Hazimi dan sumber sekundernya berupa berupa kitab, buku, atau
dokumen-dokumen lainnya yang menunjang dan berkaitan dengan penelitian ini. Data yang
diperoleh dalam penelitian ini berupa data deskriftif, maka lebih tepatnya untuk
menganalisis mengunakan content analysis atau analisis isi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Epestimologi qur’ani yang terdapat
dalam kitab Usul at Tarbiyah Al Islamiyah yaitu dengan menjadikan al-Qur’an sebagai
landasan dasar atau sumber pendidikan islam.Al-Hazimi ingin mengajarkan pada manusia
bagaimana mengetahui dan memahami pendidikan Islam tidak lagi dengan konsepsi dan
anggapan melainkan dengan membiarkan al-qur’an berbicara sendiri. 2) Tujuan Pendidikan
yang terdapat dalam kitab Usul at Tarbiyah Al Islamiyah bermuara pada enam tujuan a).
Pembinaan Ilmu, b). Pembinaan aqidah ;c). Pembinaan ibadah; d). Pembinaan Akhlak ; f)
Pembinaan profesi , dan g). Pembinaan jasmani .3) Tujuan pendidikan Islam dalam kitab
Usul At Tarbiyah Al Islamiyah masih memiliki relevansi dengan Kurikulum Merdeka,
karena esensi dari tujuan pendidikan yang berupa Pembinaan Ilmu, Pembinaan aqidah,
Pembinaan ibadah, Pembinaan Akhlak , Pembinaan profesi dan Pembinaan jasmani adalah
membentuk prilaku yang baik lahir batin. Ini selaras dengan capaian pembelajaran di
kurikulum merdeka sebagaimana dijelaskan di dalam UUD tentang Sisdiknas Nomor 033
tahun 2022 dan juga selaras dengan tujuan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
yang penekanan utamanya adalah beriman dan bertakwa pada tuhan yang maha esa,
berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif
Tidak tersedia versi lain