Text
, Pemanfaatan Media Audi Visual Dalam Usaha Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 1 Tlanakan Pamekasan
Kata Kunci, Pemanfaatan Media, Motivasi
Media pembelajaran sangat berperan penting saat kegiatan belajar mengajar, media
pembelajaran juga dapat membantu guru untuk menyampaikan materi kepada siswa-siswi
sekaligus cara untuk menarik perhatian siswa-siswi agar focus dan antusias saat proses belajar
mengajar berlangsung. Maka dari itu penulis melakukan penelitian tentang pemanfaatan media
audio visual dalam usaha peningkatan motivasi belajar siswa mata mata pelajaran PAI di SMPN
1 Tlanakan Pamekasan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam
penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana Langkah-langkah guru pai dalam meningkatkan motivasi
belajar pai di sekolah SMPN 1 Tlanakan Pamekasan kedua, apa faktor pendukung dan penghambat
dalam penggunaan media audio visual pada pembelajaran PAI di SMPN 1 Tlanakan Pamekasan
ketiga, bagaimana gambaran hasil penggunaan media audio visual dalam peningkatan motivasi
belajar siswa PAI di SMPN 1 Tlanakan pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data
diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informasinya adalah kepala sekolah,
guru pai, siswa-siswi, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui mengamati
dengan tekun dan teliti, ketekunan pengamatan dan Triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama pemanfaatan media audio visual
dilakukan oleh guru pai di SMPN 1 Tlanakan Pamekasan dengan Langkah-langkah sebagai
diantaranya: 1) guru menyiapkan materi yang sudah sesuai dengan RPP. 2) guru mempersiapkan
video atau film yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan. 3) guru menyiapkan sedikit
materi yang berkaitan dengan film atau video yang akan diputar. 4) setelah itu guru memutar film
atau video. 5) setelah video selesai ditonton barulah guru menanyakan terkait isi fil atau video
tersebut. 6) setelah itu barulah siswa menanyakan apa saja yang tidak dimengerti. 7) yang terakhir
sesi berdiskusi dan evaluasi. Kedua faktor penghambat pada pemanfaatan media audio visual ini
adalah faktor terbatasnya waktu. Faktor pendukungnya adalah kemampuan guru dalam
menerapkan media audio visual ini dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang disipakan
disekolah, ketiga gambaran keberhasilan media audio visual yaitu siswa lebih semangat, antusias
dan aktif didalam kelas dan bisa menjawab pertanyaan yang berikan oleh guru.
Tidak tersedia versi lain