Text
enerapan metode tikrar dalam pendidikan tahfidz di rumah tahfidz famy bi sauqyn sampang
Kata Kunci : Metode Tikrar,Tahfidzul Al-Qur’an
Ada tiga fokus dalam penelitian ini, yaitu: pertama, motivasi kyai
menggunakan metode tikrar di rumah tahfidz famy bi sauqyn Sampang dalam
menyelenggarakan pendidikan Tahfidzul Al-Qur’an; kedua, bagaimana penerapan
metode Tikrar di rumah tahfidz famy bi sauqyn sampang ketiga, Apakah faktor
pendukung dan penghambat dalam penggunaan metode tikrar di rumah tahfidz
famy bi sauqyn sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Informannya adalah kyai, nyai, ustad, ustadzah, santri dan wali santri di Rumah
Tahfidz Famy bi Syaqin Sampang. Sedangkan pengecekan keabsahan data
dilakukan melalui ketekunan pengamatan, triangulasi, analisis kasus negatif dan
uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, motivasi kyai
menggunakan metode tikrar di rumah tahfidz famy bi sauqyn Sampang, adalah a)
kalam Allah dalam Al-Qur’an surah yunus ayat 57, b) Kalam Allah dalam AlQur’an surah Al-Qomar ayat 20, c) kalam Allah dalam Al-Qur’an surah Al-Mulk
ayat 10, d) seruan Allah dalam Al-Qur’an surah Al-Fatir ayat 32, e) Al-Hadits
tentang kewajiban menyampaikan islam ” Ballighu anni walau ayah “, f) AlHadits tentang keutamaan orang yang Tahfidzul Al-Qur’an diantaranya yaitu AlQur’an memberikan syafa’at kepada penjaganya, g) Al-Hadits tentang keutamaan
orang yang Tahfidzul Al-Qur’an diantaranya yaitu mendapat pahala yang berlipat
ganda , h) digolongkan sebagai orang-orang pilihan yang mulia bersama Nabi dan
Syuhada, i) Al-Hadits tentang keutamaan orang yang Tahfidzul Al-Qur’an
diantaranya yaitu akan dipakaikan mahkota kehormatan dan jubah karamah serta
mendapat keridhaan Allah, j) Al-Hadits tentang keutamaan orang yang Tahfidzul
Al-Qur’an diantaranya yaitu dapat memberi syafa’at kepada keluarganya, k) AlHadits tentang keutamaan orang yang Tahfidzul Al-Qur’an diantaranya yaitu
derajat syurga bergantung dari banyaknya kuantitas dan kualitas pengamalan dari
hafalan Al-Qur’an, Kedua, Bagaimana penerapan metode Tikrar di Rumah
Tahfidz Famy bi Syaqin Sampang yaitu metode pengelompokan (Tikrar)
berdasarkan hafalan; Ketiga, faktor pendukung pelaksanaan pendidikan Tahfidzul
Al-Qur’an adalah a) Dukungan orang tua, b)dorongan kyai, ustadz dan ustadzah
dalam membimbing santri , c) kelengkapan media pembelajaran dalam Tahfidzul
Al-Qr’an d) pemberian reward dan Pnishment e) sering melakukan pengulangan
hafalan di rumah
. Adapun faktor penghambat Pelaksanaan pendidikan Tahfidzul AlQur’an di Rumah Tahfidz Famy bi Syaqin Sampang yaitu a) kesibukan ustadz dan
ustadzah yang terkadang tidak masuk, b) santri bosan karena materi sering
Tidak tersedia versi lain