Text
Konsep Pendidikan Berbasis Nilai Profetik (Studi Pemikiran Muhammad Nur bin Abdul Hafidz Suwaid dalam Kitab Manhaj al-Tarbiyah al-Nabawiyah li al-Thifl)
Kata Kunci : Nilai Profetik, Muhammad Nur bin Abdul Hafidz Suwaid.
Kolaborasi nilai-nilai profetik dalam pendidikan harus dilakukan agar
peserta didik dapat memahami sains dan agama secara proporsional, holistik, dan
integral, sehingga peserta didik di sekolah-sekolah modern dapat dilindungi dari
kekufuran, sekularisme dan sikap fanatisme buta. Untuk itu, kitab Manhaj Tarbiyah
Nabawiyah Lit-Thifl karya Muhammad Nur bin Abdul Hafid Suwaid adalah karya
yang dapat menjadi pilihan orang tua sebagai pedoman atau rujukan dalam
mendidik anak dengan metode Rasulullah Saw.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan konsep pendidikan berbasis Nilai
Profetik dalam Pemikiran Muhammad Nur bin Abdul Hafidz Suwaid dalam Kitab
Manhaj al-Tarbiyah al-Nabawiyah li al-Thifl dan menganalisis relevansinya
dengan konsep pendidikan karakter saat ini. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dan jenis penelitian menggunakan jenis Library research atau
studi pustaka dan menggunakan analisis isi atau Content Analysys dalam
melakukan analisis datanya. Dan yang menjadi sumber data primer dalam
penelitian ini adalah kitab Manhaj At-Tarbiyah an-Nabawiyyah li al-Thifl karya
Muhammad Nur bin Abdul Hafidz Suwaid.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa: Konsep pendidikan berbasis Nilai
Profetik sebagaimana diungkapkan oleh Muhammad Nur bin Abdul Hafidz Suwaid
dalam Kitab Manhaj al-Tarbiyah al-Nabawiyah li al-Thifl terdri dari: Pertama,
Pendidikan Pranatal, yakni menyiapkan Orang Tua Pendidik Kedua perkembangan
anak sejak lahir sampai usia dua tahun (Pendidikan Pascanatal), Ketiga, pendidikan
anak dengan metode Nabi Saw.
Relevansi konsep pendidikan berbasis Nilai Profetik dalam Pemikiran
Muhammad Nur Bin Abdul Hafidz Suwaid dengan konsep pendidikan karakter saat
ini, bahwa konsep pendidikan berbasis nilai profetik sebagaimana dipaparkan oleh
Muhammad Nur Bin Abdul Hafidz Suwaid dalam Kitab Manhaj al-Tarbiyah alNabawiyah li al-Thifl, sangat relevan dengan konsep pendidikan karakter saat ini.
Pendidikan karakter di sekolah-sekolah dirumuskan dari Kompetensi Sikap
Spiritual, dan Kompetensi Sikap Sosial, dimana kedua kompetensi tersebut dicapai
melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Tidak tersedia versi lain