Text
Implementasi Kegiatan Muhadarah dalam Menumbuhkan Karakter Religius Siswa di MIN 1 Pamekasan dan SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan
Kata kunci: Implementasi, Muhadarah, Karakter Religius.
MIN 1 Pamekasan dan SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan merupakan
sekolah yang di dalamnya sangat kental dengan pendidikan Agam Islam. Meskipun
demikian, karakter peserta didik tidak akan berkembang apabila tidak dalam
pembiasaan khusus yang dapat mengembangkan karakter peserta didik. Maka dari
itu, salah satu upaya MIN 1 Pamekasan dan SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan
dalam menumbuhkan karakter religius peserta didik adalah dengan diadakannya
kegiatan ekstrakurikuler muhadarah. Kegiatan tersebut, dilakukan sebagai upaya
dalam menumbuhkan karakter religius pada peserta didik. Tujuan penelitian ini
yaitu untuk mendeskripsikan, mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat
serta mengetahui hasil implementasi kegiatan muhadarah dalam menumbuhkan
karakter religius siswa di MIN 1 Pamekasan dan SD Plus Nurul Hikmah
Pamekasan.
Dalam penelitian ini terdapat tiga fokus di antaranya: 1) Bagaimana
implementasi kegiatan muhadarah dalam menumbuhkan karakter religius siswa di
MIN 1 Pamekasan dan SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan? 2) Apa saja faktor
pendukung dan penghambat implementasi kegiatan muhadarah dalam
menumbuhkan karakter religius siswa di MIN 1 Pamekasan dan SD Plus Nurul
Hikmah Pamekasan? 3) Bagaimana hasil implementasi kegiatan muhadarah dalam
menumbuhkan karakter religius siswa di MIN 1 Pamekasan dan SD Plus Nurul
Hikmah Pamekasan? Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan
kualitatif yaitu berhubungan langsung dengan sumber data yang akurat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi kegiatan Muhadarah
dalam menumbuhkan karakter religius siswa di MIN 1 Pamekasan dan SD Plus
Nurul Hikmah Pamekasan mengacu pada tugas masing-masing siswa yang
menginternalisasi langsung nilai-nilai karakter religius pada tema pidato. 2) Hasil
implementasi kegiatan muhadarah dalam menumbuhkan karakter religius siswa di
MIN 1 Pamekasan dan SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan adalah tumbuhnya rasa
percaya diri, terampil membaca al-Quran, berpakaian rapi dan sopan, menghargai
teman, bertingkah laku dan berakhlak baik. 3) Faktor pendukung tumbuhnya
karakter religius siswa di MIN 1 Pamekasan dan SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan
yaitu dari sekolah, dukungan orang tua, dan motivasi yang tinggi dari peserta didik.
Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, peran orang tua yang terkadang acuh dan
sibuk sehingga kurang memotivasi anak dalam kegiatan muhadarah, semangat
peserta didik dalam belajar.
Tidak tersedia versi lain