Text
Strategi Penerapan Total Quality Management (TQM) Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Ainul Falah Bakeong Guluk-Guluk Sumenep,
Kata Kunci: Penerapan Total Qulity Management, Mutu, Layanan
Penelitian ini dilatarbelakangi pada pentingnya sebuah pelayanan yang
mengaharuskan pihak pemberi jasa pelayanan harus bisa memenuhi apa yang
diharapkan oleh pelanggan. Hal ini dikarenakan pelanggan yang paling utama
sangat merasakan dampaknya dari pelayanan yang ditawarkan. Tidak hanya
karena pentingnya sebuah pelayanan, hal ini juga bisa mempengaruhi dari
akreditasi dalam lembaga pendidikan. Akreditasi sangat penting karena, dengan
hadirnya akreditasi bisa mengetahui sejauhmana telah memenuhi kriteria mutu
yang sudah ditetapkan oleh akreditasi nasional sebagai standar minimal kualitas.
Dari hal tersebut, tentunya lembaga pendidikan harus melakukan evaluasi dan
perbaikan serta harus memenuhi satandar akreditasi yang kurang maksimal, salah
satunya terkait layanan pendidikan.
Fokus penelitian yang diambil oleh peneliti yaitu Bagaimana Peran Kepala
Madrasah Dan Program Mengenai Total Quality Management (TQM) Madrasah
Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Di Madrasah Tsanawiyah Ainul Falah
Bakeong Guluk-Guluk Sumenep ? Dan Bagaimana Bentuk Penerapan Yang
Dilakukan Berkaitan Dengan Total Quality Management (TQM) Madrasah Dalam
Meningkatkan Mutu Layanan Di Madrasah Tsanawiyah Ainul Falah Bakeong
Guluk-Guluk Sumenep ?.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan
deskriptif. Data yang diperoleh dilakukan dengan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Sedangkan sumber datanya yaitu kepala madrasah, kepala TU,
Waka kurikulum, waka kesiswaan, operator lab, pegawai pusat pelayanan
madrasah, guru dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya dilakukan
dengan trianggulasi, perpanjangan pengamatan, dan ketekunan pengamatan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:Pertama, kepala madrasah selalu
mengedepankan musyawarah serta dari hasil yang dimusyawarahkan, melalui
kepala madrasah, kepala madrasah mensosialisasikan program yang disepakati
kepda warga madrasah. Adapun program yang ditawarkan, ada dua program yang
diunggulkan dalam meningatkan mutu layanan seperti adanya pusat pelayanan
madrasah yang bergerak di semua pelayanan seperti administrasi, samapi
kebutuhan penunjang KBM. Kedua, adapun bentuk penerapnnya yang berkaitan
dengan Total Quality Management (TQM) Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu
Layanan Di MTs Ainul Falah yaitu madrasah selalu melakukan evaluasi dalam
setiap satu pekan satu kali terkait KBM yang berjalan serta program yang
berjalan. Selain itu madrasah dalam programnya yang bernama IGYAF juga
mengadakan khotmil qur’an dalam setiap satu bulan satu kali, serta setalah
melaksanakan khotmil qur’an sema dewan guru dan tenaga pendidik
bermusyawarah membahas madrasah.
Tidak tersedia versi lain