Text
Strategi Pengeloaan Kelas X Iptek & Sains Dalam Menciptakan Keaktifan Belajar Siswa Di SMA Sabilillah Sampang,
Kata Kunci : Strategi Pengelolaan Kelas iptek & sains
Dalam menciptan keaktifan belajar strategi pengelolaan kelas yang cukup
baik. Mulai tahap perencanaan pelaksanaan dan faktor pendukung ataupun faktor
penghambat dalam menciptakan keaktifan belajar siswa hingga ruangan kelas
tersusun rapi, yaitu program pembiasaan kelas dan persiapan perangkat
pembelajaran baik itu dari penetapan rancangan pelaksanaan pembelajaran, bahan
ajar dan sumber belajar yang digunakan serta administrasi kelas, suasana belajar
yang kondusif dan cukup banyak media pembelajaran yang tertempel di dinding
ruangan kelas yang membuat siswa semangat untuk mengikuti pembelajaran
dengan keaadan yang efektif peserta didik pun dapat meningkatakan keaktifan
belajarnya siswa, sehingga pembelajaran berjalan dengan baik.
Berdasarkan hal tersebut maka fokus penelitian dalam peneliti ini ada tiga
yaitu : pertama, bagaimana prencanaan strategi pengelolaan kelas x iptek & sains
dalam menciptakan keaktifan belajar siswa di SMA Sabilillah Sampang; kedua,
bagaimana pelaksanaan strategi pengelolaan kelas x iptek & sains dalam
menciptakan keaktifan belajar siswa di SMA Sabilillah Sampang; ketiga,
bagaimana faktor pendukung dan penghambat strategi pengelolaan kelas x iptek
& sains dalam menciptakan keaktifan belajar siswa di SMA Sabilillah Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi..Hasil penelitian ini menujukkan bahwa, pertama, Perencanaan
strategi pengelolaan kelas x iptek & sains dalam menciptakan keaktifan belajar
siswa di SMA Sabilillah Sampang diawali terlebih dahulu mempersiapkan
perangkat pembelajaran, seperti RPP dan sumber belajar; kedua, Pelaksanaan
strategi pengelolaan kelas x iptek & sains dalam menciptakan keaktifan belajar
siswa di SMA Sabilillah Sampang dengan adanya RPP itu, setidaknya sudah
punya pandangan materi yang akan disampaikan guru, dan juga meminimalisir
ketidak efisien waktu karena semua sudah direncanakan sebelumnya. Membuat
suasana kelas nyaman, bersih dan rapi sehingga membuat siswa bisa menerima
materi dengan baik; dan ketiga, faktor pendukung strategi pengelolaan kelas X
Iptek & Sains dalam menciptakan keaktifan belajar siswa yaitu dengan
meningkatkan sarana dan prasarana dalam pengelolaan lingkungan belajar,
Dengan adanya sarana dan prasarana yang cukup dan memadai dapat membuat
siswa dan guru menyampaikan dan menerma ilmu dengan baik. Adapun hambatan
yang terjadi bahwa didalam kelas X iptek & sain berupa kurang kompak
disiplinyan siswa dalam mengatur kelas, dan hal ini guru mengambil tindakan
untuk mengatasinya dengan memberikan nasehat agar menjaga kebersihan kelas.
Tidak tersedia versi lain