Text
3, Pengelolaan Program Bimbingan Belajar Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Belajar Siswa di LBB Karunia Delapan Belas Batang-Batang Sumenep
Kata Kunci: Pengelolaan Pembelajaran, Peningkatan Kualitas Belajar Siswa
Pengelolaan program bimbingan belajar sebagai upaya peningkatan
kualitas belajar siswa di LBB Karunia Delapan Belas Batang-Batang Sumenep
adalah serangkaian kegiatan yang meliputi proses menyusun rencana,
melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan belajar mengajar dalam rangka untuk
mencapai target dan tujuan yang telah ditetapkan yakni meningkatkan kualitas
belajar siswa di lembaga tersebut.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini,
yaitu: pertama, Bagaimana pengelolaan pembelajaran dalam upaya meningkatkan
kualitas belajar siswa di LBB Karunia Delapan Belas Batang-Batang Sumenep.
Kedua, apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pengelolaan
pembelajaran dalam upaya meningkatkan kualitas belajar siswa di LBB Karunia
Delapan Belas Batang-Batang Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang diperoleh dalam penelitian
ini yaitu melalui wawancara semi terstruktur, observasi jenis non participant, dan
dokumentasi. Informannya adalah kepala lembaga, sekretaris, tutor, siswa dan
orang tua siswa LBB Karunia Delapan Belas Batang-Batang Sumenep. Peneliti
juga melakukan proses analisis data melalui tiga tahapan, yakni reduksi data,
penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan
keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, serta triangulasi
sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pengelolaan
pembelajaran dalam upaya meningkatkan kualitas belajar siswa di LBB Karunia
Delapan Belas Batang-Batang Sumenep adalah melakukan perencanaan sebagai
langkah awal yang meliputi identifikasi kebutuhan pembelajaran, menyusun
rencana pembelajaran dan menyusun rencana inovasi. Langkah kedua yaitu proses
pelaksanaan, dimana pada tahap ini lembaga mengupayakan agar pembelajaran
dapat berjalan secara efektif dan efisien dengan menerapkan metode yang tepat,
membagi jadwal mengajar sesuai dengan keahlian yang dimiliki tutor, dan
pemberian motivasi belajar kepada siswa. Kemudian, langkah terakhir adalah
evaluasi, dimana lembaga melakukan penilaian dengan cara memberikan soal tes
kepada peserta didik, mengumpulkan nilai rapor sekolah peserta didik, dan
mengadakan evaluasi internal dengan para tutor. Pengelolaan pembelajaran di
LBB Karunia Delapan Belas dalam meningkatkan kualitas belajar siswa bisa
dikatakan berhasil. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai hasil
belajar siswa setelah mengikuti program bimbel. Kedua, faktor pendukungnya
adalah adanya buku bacaan digital (E-Book) serta kepercayaan dan dukungan dari
orang tua siswa terhadap lembaga. Sedangkan faktor penghambatnya adalah
kurangnya peran orang tua dalam mengontrol dan memberikan perhatian terhadap
anak ketika belajar di rumah. Solusi dari lembaga adalah mengingatkan para
orang tua untuk lebih memperhatikan anak-anaknya ketika di rumah.
Tidak tersedia versi lain