Text
Manajemen Sekolah Dalam Implementasi Pendidikan Inklusi Di UPTD SDN Gunung Sekar 2 Sampang
Kata kunci: Manajemen sekolah, Pendidikan Inklusi.
Pendidikan inklusi merupakan pendidikan yang dimana orang tua dari anak berkebutuhan
khusus memasukkan anaknya ke sekolah umum bersama dengan anak-anak yang nomal lainnya.
Pendidikan inklusi tidak hanya berlaku bagi anak berkebutuhan khusus, melainkan anak
berkebutuhan khusus yang belajar bersama dengan anak yang normal lainnya disekolah regular
atau sekolah umum. Pendidikan inklusi didalam kelas regular terdapat anak berkebutuhan khusus
yang belajar bersama dengan anak yang normal akan tetapi kemampuan anak berkebutuhan
khusus dengan anak yang normal berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui
perencanaan implementasi pendidikan inklusi di UPTD SDN Gunung Sekar 2 Sampang, 2).
Mengetahui pelaksanaan pendidikan inklusi di UPTD SDN Gunung Sekar 2 Sampang, 3).
Mengetahui sistem evaluasi pendidikan inklusi di UPTD SDN Gunung Sekar 2 Sampang.
Untuk mencapai tujuan diatas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis deskriptif. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Adapun dalam analisis data yang digunakan adalah analisis data
kualitatif yang terdiri dari tiga tahapan yaitu dengan kondensasi kemudian mendisplaykan data
atau menyajikan data dalam bentuk uraian singkat dan penarikan kesimpulan secara flaksibel
untuk menjawab permasalahan yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan implementasi pendidikan
inklusi di UPTD SDN Gunung Sekar 2 Sampang yaitu untuk anak berkebutuhan khusus pada
awal masuk harus ada rujukan baik dari psikolog maupun dokter agar sekolah mengetahui anak
berkebutuhan khusus tersebut mengalami hambatan sapa. Selain itu, pelaksanaan pendidikan
inklusi di UPTDSDN Gunung Sekar 2 Sampang pelaksanaan pembelajaran anak berkebutuhan
khusus ada dua metode. Anak yang berkebutuhan khusus secara terjadwal masung ke kelas
regular belajar bersama dengan anak yang normal dan anak berkebutuhan khusus secara
terjadwal masuk ke ruang assessment atau ruang sumber yang ditangani langsung oleh guru
pembimbing khusus. Untuk sistem evalusi pendidikan inklusi di UPTD SDN Gunung sekar 2
Sampang untuk soal bagi anak yang berkebutuhan khusus tentunya berbeda dengan soal anak
yang normal karena kemampuan anak berkebutuhan khusus dengan anak yang normal tentunya
berbeda.
Tidak tersedia versi lain