Text
mplementasi Program Plus Keterampilan dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di MAN Sumenep
Kata Kunci: Implementasi, Program Keterampilan, Kreativitas Siswa
Program keterampilan merupakan kegiatan yang dilakukan dalam membentuk
karakter berpikir kreatif dan inovatif yang dimiliki siswa untuk meningkatkan
kreativitas yang nantinya diharapkan dapat mengembangkan minat bakat melalui
program pembelajaran baru di dalam kelas yaitu dari masing-masing keterampilan
yang dipelajari. Berdasarkan hal tersebut maka ada tiga pokok yang menjadi
permasalahan dalam penelitian ini. Pertama, Bagaimana Implementasi Program
Plus Keterampilan dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di MAN Sumenep.
Kedua, Apa Saja Faktor Pendukung Implementasi Program Plus Keterampilan
dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di MAN Sumenep. Ketiga, Apa Saja
Faktor Penghambat Implementasi Program Plus Keterampilan dalam
Meningkatkan Kreativitas Siswa di MAN Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
induktif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Sumber data dikelompokan menjadi tiga yakni, kepala sekolah,
waka kurikulum, guru keterampilan dan siswa. Sedangkan analisis data dilakukan
sebelum dan sesudah dilapangan dengan melakukan perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, Implementasi Program Plus
Keterampilan dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di MAN Sumenep
dilakukan dengan memberikan program pembelajaran tambahan kepada siswa
yang mengikuti dari tujuh masing-masing keterampilan yakni: tata boga, tata
busana, tata rias, desain grafis, operator komputer, multimedia dan batik. Kedua,
Faktor pendukung Implementasi Program Plus keterampilan dalam Meningkatkan
Kreativitas Siswa di MAN Sumenep yakni pihak madrasah memberikan sarana
dan prasarana yang memadai dan juga adanya dukungan dari kepala sekolah,
guru, orang tua siswa dan masyarakat sekitar yang dapat meningkatkan minat
pada siswa untuk ikut serta dalam pembelajaran keterampilan. Ketiga, Faktor
Penghambat Implementasi Program Plus Keterampilan dalam Meningkatkan
Kreativitas Siswa di MAN Sumenep yakni masih ada kekurangan sarana dan
prasarana dan juga kualitas guru yang harus ditingkatkan agar guru lebih
berkembang dalam kualitas yang dimiliki dan siswa bisa lebih kreatif dan inovatif
dalam mengembangkan bakat yang ada dalam dirinya.
Tidak tersedia versi lain