Text
Manajemen Aplikasi Pembelajaran Kangenan 1 Berbasis Digital, Unggul dan Mandiri (Apel Kansa Berduri) di SDN Kangenan 1 Pamekasan
Kata Kunci : Manajemen, Aplikasi Pembelajaran
Manajemen aplikasi pembelajaran adalah sebuah proses perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi terhadap aplikasi pembelajaran untuk
meningkatkan kualitas sehingga mencapai tujuan. Maka berdasarkan hal tersebut
penelitian kali ini berfokus pada empat hal yaitu: 1). Bagaimana perencanaan
aplikasi pembelajaran kangenan 1 berbasis digital, unggul, dan mandiri (Apel
Kansa Berduri) di SDN Kangenan 1 Pamekasan, 2). Bagaimana pelaksanaan
aplikasi pembelajaran kangenan 1 berbasis digital, unggul, dan mandiri (Apel
Kansa Berduri) di SDN Kangenan 1 Pamekasan, 3). Apa saja faktor pendukung
dan penghambat dari pelaksanaan aplikasi pembelajaran kangenan 1 berbasis
digital, unggul, dan mandiri (Apel Kansa Berduri) di SDN Kangenan 1
Pamekasan, 4). Bagaimana evaluasi yang dilakukan terhadap aplikasi
pembelajaran kangenan 1 berbasis digital, unggul, dan mandiri (Apel Kansa
Berduri) di SDN Kangenan 1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Peneliti mendapatkan data dari hasil yang diperoleh melalui wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis melalui reduksi
data, display data (penyajian data), dan penarikan kesimpulan (verification).
Kemudian seluruh data di cek keabsahannya dengan melakukan perpanjangan
keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamat dan juga triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, perencanaan aplikasi
pembelajaran Kangenan 1 berbasis digital, unggul, dan mandiri (Apel Kansa
Berduri) dilakukan oleh kepala sekolah sebagai pemegang kekuasaan tertinggi
sekaligus sebagai otak awal untuk perancangan aplikasi pembelajaran apel Kansa
berduri. Kedua, pelaksanaan atau penerapan aplikasi pembelajaran Kangenan 1
berbasis digital, unggul, dan mandiri (Apel Kansa Berduri) dipasrahkan oleh
kepala sekolah kepada masing-masing guru pengajar dengan didukung oleh
sarana prasarana yang memadai disetiap kelasnya sebagai penunjang ke efektifan
penggunaan aplikasi apel Kansa berduri. Ketiga, faktor pendukung dari
pelaksanaan aplikasi pembelajaran Kangenan 1 berbasis digital, unggul, dan
mandiri yang pertama adanya sarana prasarana yang memadai disetiap ruang
kelas, kedua berkembangnya teknologi disekitar sehingga menarik minat peserta
didik untuk belajar melalui aplikasi. Adapun faktor penghambat dari pelaksanaan
aplikasi pembelajaran apel Kansa Berduri yaitu : adanya beberapa guru yang
masih awam akan teknologi sehingga masih harus diberikan bantuan untuk
pengoperasian beberapa fitur dalam aplikasi, adapun faktor penghambat yang
lainnya adalah arus listrik yang tidak bisa diprediksi (mati lampu) sehingga
x
penggunaan aplikasi pembelajaran diruang kelas akan terganggu karena sarana
pendukung seperti proyektor tidak bisa dihidupkan, faktor lainnya berasal dari
peserta didik yang menggunakan aplikasi apel Kansa berduri melalui jarak jauh
(android) masing-masing yang berbeda-beda kualitasnya.
Tidak tersedia versi lain