Text
Strategi Kepala TK dalam mengelola sarana dan prasarana di TK Miftahul Ulum Karangpenang Sampang
Kata kunci: strategi, sarana dan prasarana
Kepala sekolah dilukiskan sebagai orang yang memiliki harapan tinggi
bagi para staf dan para siswa. Sebagai kepala sekolah di tuntut untuk mampu
melakukan sebuah perubahan dan terobosan guna peningkatakan mutu dan
kualitas sekolah. Dengan demikian, strategi merupakan pendekatan secara
keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan
aktivitas dalam kurun waktu tertentu. Di dalam strategi yang baik terdapat
koordinasi tim kerja, memiliki tema, mengidentifikasi faktor pendukung yang
sesuai dengan prinsip-prinsip pelaksanaan gagasan secara rasional, efisien dalam
pendanaan, dan memiliki taktik untuk mencapai tujuan secara efektif. Strategi
kepala sekolah sangat berpengaruh dalam mengelola sarana dan prasarana untuk
kelancaran kegiatan di sekolah.
Maka berdasarkan hal diatas, ada tiga fokus penelitian yang peneliti kaji.
Pertama,bagaimana strategi kepala sekolah dalam mengelola sarana dan prasarana
di TK Miftahul Ulum Karangpenang Sampang. Kedua, bagaimana upaya dalam
mengelola sarana dan prasarana di TK Miftahul Ulum Karangpenang Sampang.
ketiga, apa saja hambatan dalam mengelola sarana dan prasarana di TK Miftahul
Ulum Karangpenang Sampang
Peneliti meggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Maksudnya data yang dikumpulkan dan diperoleh dari hasil observasi, wawancara
dan dokumentasi. Dari informasi dari kepala sekolah dan tenaga pendidik
menunjukan bahwa strategi kepala sekolah dalam mengelola sarana dan prasarana
pada TK Miftahul Ulum karangpenang Sampang sudah merawat dengan baik
sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Kondisi sarana juga cukup baik meski
prasarana yang ada tidak memadai hanya saja butuh pengadaan untuk memenuhi
standar nasional di bidang sarana dan prasarana. Pemeliharaan sarana dan
prasarana TK Miftahul Ulum karangpenang Sampang mulai dari perencanaan,
pelaksanaan, dan pengadaan terlaksana dengan baik walaupun ada keterbatasan
dalam pengadaan sehingga sarana dan prasarana tidak bisa dikatakan . memenuhi
standar nasional di bidang sarana dan prasarana Hambatan dalam mengelola
sarana dan prasarana di TK Miftahul Ulum karangpenang Sampang yaitu,
pertamakurangnya fungsi pemakaian prasarana, kedua kurangnya dana untuk
melakukan pengadaan sarana dan prasarana. Upaya dalam melakukan pemecahan
masalah mengenai kurangnya tenaga kependidikan adalah membimbing guru
dengan cara mengikutsertakan pelatihan.
Tidak tersedia versi lain