Text
Hubungan Keharmonisan Keluarga dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X IPS di SMAN 1 Pamekasan
Kata Kunci: Hubungan, Keharmonisan, Keluarga, Prestasi Belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keharmonisan
keluarga dengan prestasi belajar siswa kelas X IPS di SMAN 1 Galis Pamekasan.
Berdasarkan hal tersebut, maka permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam
penelitian ini yaitu pertama, Seperti Apa Keharmonisan Keluarga Siswa Kelas X
IPS SMAN 1 Galis Pamekasan? Kedua, Seberapa besar hubungan antara
keharmonisan keluarga dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X IPS SMAN 1 Galis
Pamekasan? Ketiga, adakah hubungan antara keharmonisan keluarga dengan
prestasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Galis Pamekasan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menekankan
analisis pada data-data numerikal atau angka. Analisis data menggunakan analisis
statistik deskriptif dengan pengumpulan data melalui angket, dan dokumentasi
dan dengan teknik pengambilan sampel secara acak. Sampel penelitian ini adalah
40 siswa kelas X IPS SMAN 1 Galis Pamekasan. Yang selanjutnya hasil data
diolah dengan rumus prosentase dan korelasi product moment.
Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama,
keharmonisan keluarga siswa kelas X IPS di SMAN 1 Galis Pamekasan termasuk
dalam kategori sangat tinggi mencapai 15%, kategori tinggi mencapai 35%,
kategori sedang 27.5%, dan kategori rendah 22.5%; kedua, prestasi belajar siswa
kelas X IPS di SMAN 1 Galis Pamekasan termasuk dalam ketegori sangat tinggi
mencapai 17.5%, kategori tinggi mencapai 32.5%, kategori sedang mencapai
22.5%, dan kategori rendah mencapai 27.5%. berdasarkan perhitungan
menggunkan rumus product moment diperoleh hasil rxy (0.579) lebih besar dari
nilai rtabel (0.403). dalam taraf signifikan 1%. Dengan ditemukan angka
signifikan, maka hipotesis penelitian berbunyi ada hubungan antara variabel
keharmonisan keluarga dengan prestasi belajar, sehingga hipotesis dapat diterima.
Tidak tersedia versi lain