Text
efektivitas bimbingan karir berbasis video digital terhadap minat belajar siswa pada pendidikan lanjutan di SMA Bustanul Mubtadiin
Kata Kunci: Bimbingan Karir, Video Digital, Minat Belajar Siswa
Siswa akan cenderung bosan apabila mereka hanya disuruh memperhatikan
buku saja. Mereka juga perlu inovasi dalam proses belajarnya sehingga minat
belajar siswa meningkat, dan proses belajar yang siswa anggap membosankan
akan terasa menyenangkan.Berdasarkan hal tersebut, maka ada satu fokus
pembahasan yang menjadi kajian dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh
bimbingan karir berbasis video digital terhadap minat Belajar siswa pada
pendidikan lanjutan di SMA Bustanul Mubtadiin?
Penelitian ini menggunakan metode Pre Experimental Design, dengan bentuk
One-Group Pretest-Posttest Design, dimana tingkat keberhasilan penelitian
bergantung pada perbedaan yang subjek alami sebelum dan sesudah mendapatkan
treatment. Sumber data adalah subjek darimana data dapat diperoleh. Sampel
dalam penelitian ini yaitu peserta didik siswa pada pendidikan lanjut di SMA
Bustanul Mubtadiin dengan jumlah peserta didik 37 anak dengan rincian peserta
didik 30 anak diambil nilai tertinggi, peserta didik 7 anak diambil nilai tertinggi nilai
terendah. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa yang menjadi subjek
penelitian.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa
data statistik non parametrik wilcoxon. Analisa data dengan menggunakan teknik
wilcoxon digunakan untuk menguji beda skor dari dua sampel yang berpasangan
yaitu untuk melihat apakah ada peningkatan minat belajar siswa pada saat pre-test
dengan post-test. Teknik ini juga dipilih berdasarkan kesesuaian antara jenis
sampel yang menjadi objek penelitian dengan proses penyimpulan hasil skor yang
dimiliki oleh objek penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan sig. sebesar 0,017 yang berarti bahwa bimbingan
karir berbasis video digital berpengaruh positif terhadap minat belajar siswa pada
pendidikan lanjutan di SMA Bustanul Mubtadiin. Hal ini dibuktikan dari
perbedaan skor sebelum dan sesudah pelaksanaan bimbingan karir dengan
menggunakan media video digital. Penggunaan video digital dalam proses
bimbingan karir menunjang dengan baik tercapainya tujuan bimbingan dengan
penyampaian yang lugas dan mudah dipahami. Materi yang dijelaskan pun
menarik perhatian siswa karena penggunaan video digital kurang diterapkan
dalam proses KBM SMA Bustanul Mubtadiin. Variasi bimbingan karir seperti ini
tentu menarik minat belajar siswa dan kedepannya perlu ditingkatkan lagi
penggunaannya, dimana semakin baik bimbingan karir berbasis video digital
maka semakin tinggi pula minat belajar siswa pada pendidikan lanjutan di SMA
Bustanul Mubtadiin
Tidak tersedia versi lain