Text
Penerapan Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Peningkatan Akhlakul Karimah Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Pademawu
Kata Kunci: Layanan Bimbingan Klasikal, Akhlakul Karimah Siswa.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang memiliki akhlakul
karimah melemah, seperti krisis etika dan moral yang baik sehingga berdampak
memiliki akhlak yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
akhlakul karimah siswa kelas VIII dengan penerapan layanan bimbingan klasikal
di SMPN 1 Pademawu.
Berdasarkan hal tersebut, terdapat pokok permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu Bagaimana Penerapan Bimbingan
Klasikal untuk Peningkatan Akhlakul Karimah Siswa Kelas VIII di SMPN 1
Pademawu?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Sumber data yang diperoleh melalui
observasi, kuesioner dan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah guru
BK kelas VIII. Sedangkan proses penelitian ini dilakukan dalam dua siklus.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan layanan bimbingan
klasikal dilaksanakan dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa di SMPN 1
Pademawu. Dapat dilihat dari dari hasil keusioner yang telah diberikan peneliti
kepada siswa pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I peningkatan akhlak siswa
tercapai dengan rata-rata yang diperoleh sebesar 62,22% dan pada siklus II
meningkat dengan perolehan rata-rata sebesar 75,44%. Sedangkan peningkatan
akhlak siswa secara klasikal pada siklus I memperoleh 62,96% dan pada siklus II
memperoleh 92,85%. Sedangkan observasi yang didapat saat didalam
dikelas/diluar kelas dan wawancara yang dilakukan peneliti kepada guru BK kelas
VIII, menunjukkan pula bahwa akhlakul karimah siswa kelas VIII khususnya
pada kelas VIII-C meningkat setelah diberikannya penerapan layanan bimbingan
klasikal selama dua siklus
Tidak tersedia versi lain