Text
Penggunaan Model Pembelajaran Quantum adalah teknik peta konsep memory dalam upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas II MI Nahdlatul Ulama Ambunten Timur Sumenep Pada Mata Pelajaran SBDP
Kata Kunci : Meningkatkan Kreatifitas Siswa Kelas II Mata Pelajaran SBDP.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya Meningkatkan Kreatifitas
Kelas II MI Nahdlatul Ulama. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui
penggunaan model pembelajaran quantum dalam meningkatkan kreatifitas siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
yang dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. karena penelitian ini
dilaksanakan tidakan kelas dengang menggunakan model pembelajaran quantum
terdiri dua siklus. Siklus 1 mencari kemampuan siswa untuk menggambar adapun
siklus kedua membagi kertas soal kepada siswanya.
Tindakan dari masing-masing siklus terdiri dari satu pertemuan, dalam
setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan yang merupakan tahapan dari
penelitian tindakan kelas Menurut Lewin dalam Arikunto ( 2006 : 92 ) bentuk
penelitian tindakan kelas dari empat komponen yaitu : perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Hubungan anatara ke empat komponen tersebut
menunjukkan sebuah siklus atau kegiatan berulang. Dalam penelitian tindakan
kelas, setiap satu siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan,
pengamatan/observasi, dan refleksi untuk dilanjutkan ke siklus berikutnya.
Penulis merencanakan pelaksanaan ini dalam dua siklus agar penelitian dapat
lebih bermakna dan penulis dapat memperoleh informasi yang cukup dan mantap
sebagai masukan yang berarti untuk mengadakan perbaikan pada
siklus berikutnya. Siklus pertama akan dilaksanakan selama dua kali pertemuan,
yaitu pertemuan pertama sampai pertemuan kedua. Siklus 1 dilaksanakan selama
dua kali pertemuan, Siklus II diawali dengan refleksi awal karena peneliti telah
memiliki seperangkat data yang dapat dijadikan dasar untuk merumuskan tema
penelitian yang kemudian dilanjutkan dengan perencanaan tindakan, pelaksanaan
tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi untuk dilanjutkan ke
siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreatifitas
siswa mata pelajaran SBDP. Melalui model pembelajaran quantum telah
dibuktikan dari hasil belajar dalam setiap akhir siklus. Dalam tahap perencanaan
Penggunaan media pembelajaran quantum menggunakan teori bermain sebagai
seorang pendidik dalam memulai pembelajaran di haruskan untuk mempersiapkan
hal-hal apa saja yang di perlukan selama pembelajaran dilaksanakan. Hal ini
bertujukan agar tujuan pembelajaran dapat mencapai secara efektif. Diantaranya
mempersiapkan diri dan juga media pembelajaran tersebut sudah dipastikan dapat
menarik perhatian siswa untuk belajar. Adapun persiapan bahan dan materi yang
disajikan dalam kegiatan pembelajaran yaitu mempersiapkan buku guru dan juga
materi yang akan dipelajari harus sudah dipersiapkan sebelumnya. Tahap
Pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan menggunakan teori bermain tersebut
sudah efektif dan dapat dilanjutkan dalam proses pembelajaran. Penggunaan
model quantum media pembelajaran menggambar ini juga bisa membuat
karakteristik-karakteristik siswa yang berbeda bisa disetarakan, Tunjukan antusias
saat proses pembelajaran dan semangat yang tinggi. Menggajar anak MI itu
berbeda dengan menggajarnya anak SMP atau SMA. Seorang anak MI harus
menjelaskan secara jelas mengajak anak berkomunikasi membuat metode
pembelajaran di selingi permainan tidak bosen saat belajar di dalam kelas
menggunakan teori bermain tersebut, siswa semangat sekali dalam proses
pembelajaran. Tahap hasil evaluasi berupa lembar kerja kreatifitas juga
ter;laksana dengan baik. Pada tahap pra siklus presentase siswa mencapai 46 %
mengalami peningkatan pada siklus I yaitu mencapai 69 % sedangkan pada siklus
II juga mengalami peningkatan sebesar 84%. Poinnya Salah satu model
pemelajaran disarankan implementasi kurikulum 2013 adalah model pembelajaran
berbasis masalah kreatifitas menggambar. Untuk perencanaan dalam
menggunakan model pembelajaran quantum pembelajaran dan dapat diterapkan
dalam proses pembelajaran dalam pembelajaran yang menggunakan model
pembelajaran quantum sudah sangat efektif dalam berbagai bentuk seperti :
membuat materi pembelajaran metode efektif dalam presentase dan keterlibatan
secara aktif Dan hasil evaluasinya juga sudah dapat meningkatkan kreatifitas
siswa kelas II MI Nahdlatul Ulama Ambunten Timur Sumenep Mata Pelajaran
SBDP.
Tidak tersedia versi lain