Text
Strategi Guru dalam Mengenalkan Entrepreneurship Pada Anak Usia Dini di TK Kartika IV-86 Pamekasan.
Kata Kunci: Strategi Guru, Entrepreneurship, Anak Usia Dini
Kegiatan pembelajaran dalam mengenalkan entrepreneurship pada anak usia dini sangat
penting dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai entrepreneurship pada anak. Pembelajaran
entrepreneurship yang ditanamkan sejak dini dapat membentuk anak menjadi pribadi yang kreatif
dan nantinya juga dapat menjadi modal utama produktivitas serta kemandirian anak ketika dewasa.
Hal ini diterapkan juga di lembaga TK Kartika IV-86 Pamekasan dan jarang ditemukan pada
lembaga TK yang lain di kota Pamekasan. Dalam mengenalkan entreprenurship pada anak usia
dini, seorang guru juga harus memiliki strategi agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang
maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam mengenalkan
entrepreneurship pada anak usia dini serta faktor pendukung dan penghambatnya.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kualitatif deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber data primer meliputi
kepala sekolah serta guru dan sumber data sekunder yaitu berupa dokumen yang berkaitan dengan
penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam mengenalkan
entrepreneurship pada anak usia dini di TK Kartika IV-86 Pamekasan yaitu pertama, perencanaan
meliputi perencanaan jangka panjang dan jangka pendek. Kedua, pelaksanaan dengan
menggunakan metode pembelajaran tanya jawab, ceramah, dan demonstrasi. Ketiga, evaluasi
dengan melakukan penilaian ketercapaian pembelajaran dalam mengenalkan entrepreneurship
pada anak. Keempat, refleksi dengan menjadikan kegiatan pembelajaran dalam mengenalkan
entrepreneurship yang telah dilakukan sebagai acuan dalam merecanakan pelaksanaan kegiatan
selanjutnya. Adapun faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam mengenalkan
entrepreneurship pada anak usia dini diantaranya, kelengkapan alat dan bahan, kerjasama wali
murid, cuaca, dan kehadiran peserta didik.
Tidak tersedia versi lain