Text
Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Di Kelompok A Melalui Metode Permainan Tebak Gambar Di TK Trisula I Pamekasan,
Kata kunci: Perkembangan Bahasa Anak, Metode Permainan Tebak Gambar
Perkembangan bahasa pada anak adalah meningkatnya kemampuan bahasa dalam
berkomunikasi baik secara lisan, tertulis maupun menggunakan tanda-tanda atau isyarat
dengan melakukan interaksi di kehidupan sosialnya. Sedangkan metode bermain tebak gambar
adalah metode pembelajaran dalam menebak kata dan gambar dengan mendeskripsikan dan
mencocokkan kata pada benda yang dijadikan objek untuk ditebak serta mampu
mengembangkan imajinasi dan penghayatan pada benda tersebut.
Berdasarkan hal tersebut,maka terdapat dua permasalahan pada penelitian ini, yaitu:
pertama, bagaimana cara meningkatkan perkembangan bahasa anak di kelompok A melalui
metode permainan tebak gambar di TK Trisula 1 Pamekasan ?. Kedua bagaimana hasil
peningkatan perkembangan bahasa anak di kelompok A melalui metode permainan tebak
gambar di TK Trisula 1 Pamekasan ?. Tujuan penelitian ini pertama untuk mengetahui cara
meningkatkan perkembangan bahasa pada anak di kelompok A melalui metode permainan
tebak gambar di TK Trisula 1 Pamekasan. Kedua untuk mengetahui hasil peningkatan
perkembangan bahasa anak di kelompok A melalui metode permainan tebak gambar di TK
Trisula 1 Pamekasan.
Penelitian yang akan dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian
tindakan kelas (PTK). Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: berupa tes,
observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi yang hasilnya digunakan untuk memperoleh data
tentang peningkatan kemampuan bahasa pada anak. Pada penelitian tindakan kelas (PTK)
terdapat 4 tahap di setiap siklusnya, diantaranya yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan
refleksi.
Penelitian ini dilakukan dengan adanya persiapan kegiatan pembelajaran harian yang
dilakukan dalam 3 tahap, yaitu pembukaan, inti, dan penutup. Pada tahap pembukaan peneliti
akan menjelaskan tentang tema hari ini. Pada tahap inti peneliti akan menyampaikan peraturan
permainan tebak gambar terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan. Setelah itu peneliti akan
membagi dua kelompok. Permainan tersebut di lakukan secara bergiliran, agar peneliti dapat
mengetahui peningkatan pada perkembangan bahasa anak.dengan melalui metode permainan
tebak. Tahap terakhir yaitu penutup peneliti akan menanyakan kembali tentang kegiatan yang
telah dilakukan.
Dari hasil yang telah dilakukan dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak di
kelompok A dengan menggunakan metode permainan tebak gambar dapat dikatakan sudah
meningkat. Hal ini dapat dilihat dari siklus I dan siklus II. Yang dimana nilai rata-rata pada
siklus I mencapai 78%. Sedangkan siklus II mencapai 88%. Peningkatan ini terjadi karena anak
sangat tertarik dan merasa senang saat melakukan kegiatan permainan tebak gambar. Anak
juga dapat saling berkomunikasi untuk menyampaikan pendapatnya sendiri. Selain itu juga
terdapat beberapa gambar-gambar yang belum pernah dijumpai oleh anak, sehingga hal ini
dapat membantu meningkatkan rasa kaingin tahuan pada anak serta membuat anak tertarik dan
merasa asyik saat melakukan kegiatan tebak gambar tersebut
Tidak tersedia versi lain