Text
Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Anak Usia Dini Kelompok B di TK Al Ihsan Omben
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Literasi Sains
Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah konsep belajar yang membantu guru
mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata anak. Sains adalah
kemampuan menggunakan pengetahuan sains, dalam rangka memahami serta membuat
keputusan bekenaan dengan alam dan perubahan yang dilakukan terhadap alam melalui
aktivitas manusia. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Kelompok B TK Al-Ihsan Omben,
guru dan anak yang masih terkadang menerapkan pendekatan Contextual Teaching and
Learning (CTL) pada anak, hal ini disebabkan faktor terbatasnya pendidik dan fasilitas yang
kurang, ditemukan peneliti di kelompok B TK Al-Ihsan Omben. Berdasarkan hal tersebut ada
2 fokus dalam penelitian yakni: pertama, Untuk mengetahui Penerapan Contextual Teaching
and Learning (CTL) dalam pembelajaran sains pada anak usia dini kelompok B di TK AlIhsan Omben. Kedua, Untuk mengetahui Bagaimana Kemampuan Literasi Sains Anak Usia
Dini melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) kelompok B di
TK Al-Ihsan Omben.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti di lapangan menggunakan metode pendekatan
kualitatif yang bersifat deskriptif, yang diarahkan untuk mendeksripsikan bagaimana
Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran sains pada anak
usia dini kelompok B di TK Al-Ihsan Omben, serta untuk mengetahui bagaimana
Kemampuan Literasi Sains Anak Usia Dini melalui penerapan pendekatan Contextual
Teaching and Learning (CTL) kelompok B di TK Al-Ihsan Omben. Sumber data dalam
Tidak tersedia versi lain