Text
Upaya Guru Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Melalui Metode Tanya Jawab Di RA Al-Fawaid Desa Seddur Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Perkembangan Bahasa, Metode Tanya Jawab
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan suatu jenjang pendidikan
yang diberikan bagi anak usia dini (0-6 tahun) yang dilakukan melalui berbagai
rangsangan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya agar memiliki
kesiapan untuk memasuki jenjang pendidikan berikutnya. Perkembangan bahasa
merupakan suatu kemampuan berbahasa lisan bagi anak yang berkembang, karena
terjadi kematangan dari organ-organ bicara, dan juga karena faktor lingkungan
ikut membantu perkembangannya. Agar proses pembelajaran dapat lebih efektif
guru perlu menerapkan beberapa metode, Salah satu metode yang efektif dalam
mengembangkan bahasa anak yaitu metode tanya jawab. Metode tanya jawab
sangat penting untuk diterapkan guna untuk merangsang cara berkomunikasi dan
berbahasa yang baik dan benar, Salah satu sekolah yang menerapkan metode
tanya jawab dalam mengembangkan bahasa anak yaitu di RA Al-Fawaid Desa
Seddur, Kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan.
Tujuan dalam penelitin ini Pertama, untuk mengetahui Upaya guru dalam
mengembangkan bahasa anak melalui metode tanya jawab di RA Al-Fawaid Desa
Seddur Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan: Kedua, untuk mengetahui Apa
saja faktor penghambat dalam mengembangkan bahasa anak melalui metode tanya
jawab di RA Al-Fawaid Desa Seddur Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan:
Ketiga, Apa harapan guru dalam mengembangkan bahasa anak melalui metode
tanya jawab di RA Al-Fawaid Desa Seddur Kecamatan Pakong Kabupaten
Pamekasan.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif
dengan Jenis penelitian deskriptif. Data yang dikumpulkan diperoleh dari hasil
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah dan
guru di RA Al-Fawaid.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam
mengembangkan bahasa anak yaitu dengan menggunakan metode tanya jawab
yang dikembangkan melalui tiga kegiatan yaitu kegiatan circle time, kegiatan inti,
dan kegiatan akhir. Adapun Faktor penghambat dalam mengembangkan bahasa
anak melalui metode tanya jawab di RA Al-Fawaid diantaranya: Jawaban anak
melenceng dari tema, kurang fokus pada saat proses pembelajaran, pertanyaan
perlu diulang kembali, belum bisa menyusun kalimat dengan benar. Dan harapan
para guru terutama kepala sekolah di RA Al-Fawaid sangatlah besar. Diantaranya
anak dapat berkomunikasi dan berbahasa yang baik dan benar baik di lingkungan
sekolah maupun di luar sekolah, anak dapat berbahasa dengan baik dan lancar
sehingga dalam proses pembelajaran public speaking anak semakin baik.
Tidak tersedia versi lain