Text
Problematika Dan Solusi Pembelajaran Menulis Huruf Hijaiyah Di RA Mawahirul Athfal Paeng Modung Bangkalan
Kata Kunci : Problematika, Solusi, Pembelajaran menulis huruf hijaiyah
Dalam proses pembelajaran tentunya terdapat problematika yang di alami
oleh Guru maupun yang di anak didik, khususnya pada pembelajaran menuis
huruf hijaiyah. dan setiap problematika yang terjadi tentunya terdapat solusi yang
dilakukan pleh Guru sebagai penanganannya.Agar sekolah dapat mencapai tujuan
pembelajaran bengan baik.
Berdasarkan hal tersebut maka tujuan dari penelitian ini, yaitu : pertama
bagaimana problematika pembelajaran menulis huruf hijaiyah di RA Mawahirul
Athfal Paeng Modung Bangkalan, kedua bagaimana solusi pembelajaran menulis
huruf hijaiyah di RA Mawahirul Athfal Paeng Modung Bangkalan. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif yaitu metode yang dalam tahap penelitian
menggunakan analisis deskriptif. Dengan jenis penelitian lapangan. Peneliti harus
turun langsung di lokasi untuk melakukan pengumpulan data. Teknik
pengumpulan datanya terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan
2 narasumber yaitu Kepala Sekolah RA Mawahirul Athfal, Guru kelas A dan
Guru kelas B.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 problematika
pembelajaran menulis huruf hijaiyah yaitu : 1) Kurangnya ruang atau kondisi
ruang kelas yang sempit dan pengap membuat Guru Dan anak didik tidak dapat
berkonsentrasi dengan baik. 2) Kurangnya tenaga pengajar atau Guru pendamping
di Kelas A. 3) Proses pembelajaran huruf hijaiyah tidak semudah pembelajaran
meulis huruf abjad. 4) Kurangnya perhatian serta bimbingan dari orang tua yang
menyebabkan anak kurang mempunyai motivasi belajar. 5) Tidak terdapat hiasan
dan tempelan menarik di tembok yang membuat anak kurang semangat ketika
belajar. Serta terdapat 4 solusi dari problrmatika pembelajaran menulis huruf
hijaiyah yaitu : 1) Melakukan pembelajaran diluar ruangan atau secara out door
serta menyiapkan pembangunan ruang kelas tambahan. 2) Menambah tenaga
pengajar sebagai Guru pendamping di Kelas A. 3) Menciptakan suasana belajar
yang menyenangkan dengan menggunakan etode pembelajaran yang menarik. 4)
Mengadakan bimbingan atau parenting bersama wali murid.
Tidak tersedia versi lain