Text
Implementasi Media Gambar untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca Awal Anak Usia 4-5 Tahun di RA Al-Khadijah Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Media Gambar, Kemampuan Membaca Awal Anak
Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan
pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan
perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasaan (daya pikir, daya cipta,
kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosial emosional (sikap dan perilaku serta agama)
bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui
oleh anak usia dini. Salah satu aspek perkembangan yang harus dikembangkan pada anak yaitu
aspek perkembangan bahasa, dalam mengembangkan kemampuan membaca awal pada anak
diperlukan adanya media yang menarik agar proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik.
Maka berdasarkan hal diatas, ada dua fokus penelitian yang peneliti kaji. Pertama,
Bagaimana Implementasi Media Gambar untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca
Awal Anak Usia 4-5 Tahun di RA Al-Khadijah Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan.
Kedua, Bagaimana Kemampuan Mempuan Membaca Awal Anak di RA Al-Khadijah
Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif. Tekhnik pengumpulan data memakai tiga cara yaitu:
observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dari data yang diperoleh di sederhanakan
dalam bentuk yang lebih mudah dibaca dengan menggunakan tiga tahapan analisis yaitu
pengelompokan, pengecekan, dan penarikan kesimpulan. Adapun subjek penelitian dalam
penelitian ini adalah kepala sekolah dan juga guru RA Al-Khadijah Kecamatan Galis Kbupaten
Pamekasan.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwa penerapan media gambar untuk
mengembangkan kemampuan membaca awal anak dimulai dari hal yang paling sederhana
yaitu: pengenalan huruf abjad, pengenalan angka, belajar mengeja kemudian membaca lancar.
Hal tersebut dilakukan karena tidak semua anak yang masuk RA itu sudah memiliki bekal atau
mengetahui tentang huruf abjad maka dari itu media gambar sangat cocok digunakan sebagai
alat pembelajaran. Selanjutnya kemampuan membaca anak berkembang baik ketika
menggunakan media gambar saat proses pembelajaran berlangsung di dalam kelas.
Tidak tersedia versi lain