Text
fektivitas Bimbingan Kelompok Melalui Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kesadaran Moral Pada Siswa di SMP Al-Islamiyah
Kata kunci: Bimbingan kelompok, media audio visual, kesadaran moral.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pra penelitian peneliti ketika melaksanakan
wawancara kepada guru yang ada di SMP Al-Islamiyah yang mengatakan terdapat siswa yang
kurang memiliki kesadaran moral, dimana adanya siswa yang kurang disiplin, usil, mencorat-coret
bangku, dan malas mengerjakan tugas. Menurutnya sikap dan perilaku kesadaran moral mulai
terlihat pada siswa ketika siswa naik kelas VIII. Sikap dan perilaku tersebut terjadi karena
kurangnnya kesadaran moral dengan tidak melakukan pertimbangan terlebih dalulu sebelum
melakukan suatu tindakan, apakah yang dilakukan itu baik atau tidak, sehingga menjadi penyebab
siswa bersikap dan berperilaku tidak baik. Dalam hal ini dibutuhkan sebuah penanganan untuk
membantu siswa dalam meningkatkan kesadaran moral, salah satu alternatifnya yaitu melalui
bimbingan kelompok dengan tujuan siswa akan memiliki pemahaman mengenai pentingnya akan
kesadaran moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok
melalui media audio visual dalam meningkatkan kesadaran moral pada siswa di SMP AlIslamiyah.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Bentuk rancangan pada penelitian ini
adalah one group pre test-pos test. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah skala
kesadaran moral sebagai sumber data primer dan wawancara sebagai sumber data sekunder.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji paired sampel t test. Alasan
peneliti menggunakan uji paired sampel t test karena adanya treatment sehingga muncul data
sebelum dan sesudah, dan sampel berpasangan, atinya sampel pada penelitian ini anggota yang
diberikan treatment anggotanya tetap tidak berubah, serta jumlah sampel atau subjek yang akan
diteliti kurang dari 30. Dalam analisis uji paired sampel t test peneliti menggunakan aplikasi SPSS
versi 25.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok melalui media audio
visual efektif meningkatkan kesadaran moral siswa. Dapat dilihat dari hasil nilai signifikansi (sig.
2-tailed) yaitu 0,002 < 0,05, yang dapat dinyatakan bahwa (hipotesis alternatif) diterima. Selain
itu, terdapat perbedaan dari hasil nilai rata-rata pre-test (116,75) dan rata-rata post-test (129,25)
yang mengalami peningkatan dengan rata-rata skor -12,5. Yang artinya bimbingan kelompok
melalui media audio visual di SMP Al-Islamiyah efektif meningkatkan kesadaran moral siswa
Tidak tersedia versi lain