Text
Penerapan Metode Iqra’ dalam Pembelajaran Membaca AlQur’an pada Anak Kelompok B di RA Miftahus Shudur Desa Larangan Tokol Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Metode Iqra’, Pembelajaran Membaca Al-Qur’an
Metode Iqra’ adalah suatu sistem pembelajaran Al-Qur’an yang langsung
pada latihan membaca, dimulai pada tingkat yang paling sederhana, yaitu
mengenalkan bunyi huruf seperti: “A, Ba, Tsa” dan seterusnya, kemudian
berlanjut tahap demi tahap yaitu menyambung huruf hijaiyah sampai pada tingkat
yang paling sempurna, yaitu mengenalkan hukum tajwid serta cara membacanya.
Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu: pertama, Bagaimana
penerapan metode iqra’ dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an pada anak
kelompok B di RA Miftahus Shudur Desa Larangan Tokol Kecamatan Tlanakan
Kabupaten Pamekasan. Kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam
penerapan metode iqra’ dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an pada anak
kelompok B di RA Miftahus Shudur Desa Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif,
sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah kepala sekolah dan guru kelas B di RA Miftahus Shudur
Desa Larangan Tokol Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, penerapan metode iqra’
dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an pada anak kelompok B di RA Miftahus
Shudur Desa Larangan Tokol Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan,
dilakukan dengan anak mengaji buku Iqra’ setiap hari dan guru pengajar harus
berpedoman pada petunjuk mengajar buku Iqra’ yang sudah ada di setiap awal
halaman jilid Iqra’ yang meliputi: 1) Pelaksanaan membaca Iqra’ dilakukan
dengan cara belajar siswa aktif, 2) Guru mengajarkan Iqra’ secara langsung pada
anak didik, 3) Guru hanya mencontohkan cara membaca hanya pada huruf yang
ada di awal halaman atau pokok bacaan, 4) Guru mengajarkan Iqra’ setiap hari, 5)
Guru melakukan pengulangan bacaan hanya pada bacaan anak yang salah dan
membenarkan huruf yang keliru pada bacaan siswa, 6) Guru menaikkan halaman
jilid Iqra’ anak didik apabila dianggap mampu membacanya dengan baik dan
benar, 7) Guru mengajarkan Iqra’ tanpa pengenalan tajwid secara mendalam.
Kedua, faktor pendukung penerapan metode Iqra’ dalam pembelajaran membaca
Al-Qur’an pada anak kelompok B di RA Miftahus Shudur Desa Larangan Tokol
Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan antara lain: a) Motivasi atau
semangat belajar anak didik, b) adanya sarana dan prasarana yang mendukung, c)
Motivasi guru, d) adanya kerja sama antara orang tua dan guru. Dan faktor
penghambat penerapan metode Iqra’ dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an
pada anak kelompok B di RA Miftahus Shudur adalah a) kesiapan atau kondisi
anak didik, b) kurangnya tenaga pendidik di kelas, dan c) kurangnya stimulasi dari
lingkungan keluarga
Tidak tersedia versi lain