Text
Penggunaan media permainan Egrang coconut dalam meningkatkan motorik kasar anak di TK Mambaul ulum Tebul Timur Kecamatan Pengantenan Kabupaten Pamekasan
Kata kunci: media permainan Egrang coconut, motorik kasar anak
Media permainan yang diterapkan dan dimainkan oleh anak usia dini yang
massih fokus pada aspek motorik halus anak, aspek kognitif dan aspek-aspek
lainnya. Sedangkan, permainan yang menunjang perkembangan motorik kasar
anak masih minim yang mengakibatkan perkembangan motorik kasar anak tidak
terlalu cepat berkembang dengan baik.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan tindakan kelas (PTK)
dengan guru sebagai peneliti, yaitu guru memiliki peran utama baik dalam
perencaan maupun dalam pelaksanaan PTK dengan tujuan memecahkan masalah
tentang penggunaan media permainan Egrang coconut dalam meningkatkan
motorik kasar anak di TK Mambaul Ulum Tebul Timur Pengantenan Pamekasan.
Desain dan prosedur penelitian memiliki beberapa tahapan yaitu perencanaan,
tindakan, pengamatan dan perenungan (refleksi). Sumber data di peroleh dari
kepala sekolah dan guru pendidik serta anak didik, dengan prosedur pengumpulan
data menggunakan instrument diantaranya, lembar observasi, tes dan dokumentasi.
Menggunakan analisis data dengan observasi serta data tes yang sudah didapatkan
dan menggunakan indicator keberrhasilan dengan niali yang meninkat secara
signifikan setiap siklusnya.
Pada tindakan siklus I masih terdapat kendala yang menyebabkan
peningkatan motorik kasar anak melalui media permainan Egrang coconut belum
memenuhi kriteria nilai minimal, sehingga diperlukan adanya perbaikan tindakan
pada tindakan siklus II yaitu peneliti harus lebih ekspresif dan bersikap kreatif
dalam menjelaskan materi dalam sebuah permainan Egrang coconut, selain itu
mengkondisikan anak sebelum proses kegiatan belajar mengajar berlangsung,
mengatur barisan anak dan mengatur waktu yang dibutuhkan untuk proses
kegiatan belajar mengajar dimulai. setelah terjadi perbaikan tindakan maka
presentase peningkatan motorik kasar anak sudah naik secara signifikan.
Berdasarkan pembahasan diatas hasil proses kegiatan belajar mengajar di TK
Mambaul Ulum Tebul Timur dikatakan meningkat dengan baik.
Fokus penelitiam diantaranya, 1 Penggunaan media permainan egrang
coconut dapat meningkatkan perkembangan motorik kasar secara optimal dan
dapat mengembangkan semua aspek-aspek perkembangan. Cara memainkan
media permainan egrang, diantaranya yaitu: a. Guru awalnya memberikan contoh
cara memainkan egrang coconut. b. Anak usia dini bersiap di garis strat, kedua
kaki diletakkan pada masing-masing egrang coconut, dengan ibu jari dan telunjuk
pada jari kaki menjepit tali. Serta tangan yang memegang erat tali. c. Anak usia
dini mulai berjalan menggunakan egrang coconut.d. Dan yang pertama melewati
Tidak tersedia versi lain