Text
Strategi Pembelajaran Calistung (Membaca, Menulis, Berhitung) Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Kelompok B di TK Sekar Jambi, Desa Pademawu Timur, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Calistung (Membaca, Menulis, Berhitung), Aspek
Perkembangan Kognitif Anak
Strategi pembelajaran calistung merupakan kemampuan dasar yang perlu dimiliki oleh
seorang anak agar bisa mempelajarai hal lainnya agar lebih mudah dalam menerima
pembelajaran. Calistung adlaah keterampilan yang melingkup beberapa kemampuan yaitu
kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Membaca adalah kemampuan yang berfungsi
sebagai sarana untuk mendapatkan informasi dari sebuah tulisan. Sedangkan membaca adalah
proses berfikir yang melibatkan visual, bahasa, kognitif melalui tulisan.
Ada tiga permasalahan dalampenelitian ini, Pertama, Bagaimana strategi
pembelajaran calistung (membaca, menulis, berhitung) Dalam Mengembangkan Kognitif
Anak kelompok B di TK Sekar Jambi, Desa Pademawu Timur, Kecamatan Pademawu,
Kabupaten Pamekasan, Kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam
Pembelajaran Calistung (membaca, menulis berhitung) Dalam Mengembangkan Kognitif
Anak kelompok B di TK Sekar Jambi, Desa Pademawu Timur, Kecamatan Pademawu,
Kabupaten Pamekasan, Ketiga, Bagaimana cara mengatasi faktor penghambat dalam
pembelajaran Calistung (membaca, menulis, berhitung) Dalam Mengembangkan Kognitif
Anak kelompok B di TK Sekar Jambi, Desa Pademawu Timur, Kecamatan Pademawu,
Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data
diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasinya adalah kepala
sekolah, guru kelompok B, dan orang tua peserta didik di TK Sekar Jambi. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi dengan tekhnik metode observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, Strategi pembelajaran calistung
(membaca, menulis, berhitung) yang di gunakan di TK Sekar Jambi yaitu : a. Pembelajaran
membaca menggunakan strategi pembelajaran individual, b. Pembelajaran menulis
mengguanakan strategi pembelajaran langsung, c. Pembelajaran berhitung menggunakan
strategi pembelajaran kelompok. Kedua, Faktor pendukung dan penghambat dalam
pembelajaran calistung di TK Sekar Jambi diantaranya yaitu : 1) Faktor Pendukung yaitu:
media, peran orangtua, minat belajar dan kecerdasan anak, 2) Faktor penghambat yaitu :
konsentrasi peserta didik kurang baik, tingkat kecerdasan anak, kurang aktifnya anak didik.
Ketiga, Upaya guru dalam mengatasi hambatan calistung sangat di butuhkan oleh anak didik,
guru menggunakan beberapa media dalam pembelajaran agar anak lebih bersemangat dalam
melakukan kegiatan belajar-mengajar di dalam kelas
Tidak tersedia versi lain