Text
Problematika Dalam Pemanfaatan Media Visual di TK Al-Djufri 1 Aeng Penay Blumbungan Larangan Pamekasan
Kata Kunci: Problematika dalam Pemanfaatan Media Visual.
Tujuan dari penelitian ini yakni: Yang pertama, Untuk Mengetahui Bagaimana Problematika
Dalam Pemanfaatan Media Visual di TK Al-Djufri 1, yang kedua, Untuk Mengetahui Apa Saja
Faktor Penghambat Dalam Menerapkan Media Visual di TK Al-Djufri 1.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif yaitu
suatu metode penelitian yang menggambarkan karakteristik populasi atau fenomena yang sedang
diteliti, sehingga utama metode penelitian ini adalah menjelaskan objek penelitiannya juga
menjawab apa peristiwa atau fenomena yang terjadi, yang diarahkan untuk mengkaji lebih kritis
teori yang ada dengan keadaan dilapangan tentang bagaimana problematika dalam pemanfaatan
media visual di TK Al-Djufri 1, sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru TK
Al-Djufri 1, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, yaitu
catatan lapangan, rpph guru, visi misi sekolah, foto guru dalam pemanfaatan media visual, dan
foto wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika dalam pemanfaatan media visual di TK
Al-Djufri 1 kurang baik, hal ini dapat diketahui dari tidak fokusnya anak dalam mendengarkan apa
yang di sampaikan gurunya walaupun sudah menggunakan media visual, selain itu
problematikanya terjadi hanya satu orang guru yang dapat mengoprasikan alat-alat untuk media
visual. Faktor penghambat yang ditemukan yakni kendala jaringan, WIFI tidak lancar, mati lampu,
dari salah satu siswa tidak mau mengikuti pembelajaran, dan mengeluari biaya banyak.
Tidak tersedia versi lain