Text
Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Buku Cerita Bergambar pada Kelompok A di TK Pertiwi Desa Pakong Kabupaten Pamekasan
Kata kunci : Pengembangan Bahasa, Anak Usia Dini, Buku Cerita Bergambar
Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui seperti apa proses
pelaksanaan dalam pengembangan bahasa anak usia dini melalui buku cerita
bergambar, (2) Untuk mengetahui hasil yang dicapai dalam pelaksanaan
pengembangan bahasa anak usia dini melalui buku cerita, (3) Untuk mengetahui
apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam pengembangan bahasa anak usia
dini melalui buku cerita.
Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa di TK pertiwi desa
Pakong Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Data yang diperoleh yaitu
dengan cara metode observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Subjek
dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
1. Proses pelaksanaan pengembangan bahasa anak usia dini melalui buku cerita
bergambar itu dibagi menjadi tiga kegiatan diantaranya: (1) Kegiatan pra
pengembangan, (2) Kegiatan pengembangan, dan (3) Kegiatan penutup
2. Hasil yang dicapai dalam pelaksanaan pengembangan bahasa anak usia dini
melalui buku cerita bergambar yaitu anak bisa menjawab pertanyaan guru,
anak dapat menyimak, mengerti dan memahami tentang cerita yang
disampaikan, anak mampu menceritakan kembali isi cerita yang telah
disampaikan oleh guru dengan cara sederhana serta kemampuannya sendiri,
anak dapat menyebut nama-nama benda yang ada di dalam buku cerita
bergambar, anak dapat menjawab pertanyaan yang ditanyakan, dan kosa kata
anak menjadi bertambah guna kemampuan berbahasanya.
3. Faktor penghambat dalam pengembangan bahasa anak usia dini melalui buku
cerita bergambar pada kelompok A di TK Pertiwi yaitu: kurangnya
kemandirian anak untuk mengerti bahasa guru, rasa takut dan minder anak,
kurangnya konsentrasi anak, kurangnya motivasi belajar anak, anak merasa
jenuh dan bosan, dan gangguan karena faktor genetic. Sedangkan faktor
pendukungnya yaitu: buku cerita bergambar, media yang menarik dan cocok
untuk anak, vocal, ekspresi serta intonasi guru, suasana yang menyenangkan
bagi anak, dan kematangan syaraf
Tidak tersedia versi lain