Text
Strategi Guru Dalam Membimbing Anak Introvert Di PAUD Nurul Mustofa Kangenan Pamekasan
Kata Kunci: Strategi Guru, Membimbing Anak Introvert
Strategi adalah sebuah garis pola yang sudah ditentukan oleh seorang pemimpin untuk
mencapai suatu pembelajaran. Guru harus mempunyai sebuah strategi agar tercapai sebuah
pembelajaran yang ingin dicapai. Sebuah pembelajran akan menjadi efektif jika guru memiliki
strategi yang tepat dan sesuai dengan kemampuan anak. Mengajari anak dengan kepribadian
introvert tentunya tidak sama dengan mengajari anak yang biasa saja. Seorang guru harus bisa
mengenali terlebih dahulu jenis introvert yang mereka alami. Anak dengan kepribadian introvert
memiliki kebiasaan dan perilaku yang tidak sama dengan anak normal lainnya, jadi seorang guru
harus memiliki strategi yang dapat menjadikan anak keluar dari zona tertutupnya.
Dalam penelitian ini terdapat tiga fokus penelitian, pertama tentang strategi dalam
menghadapi anak introvert di PAUD Nurul Mustofa. Kedua tentang ciri-ciri anak introvert di
PAUD Nurul Mustofa dan ketiga tentang faktor penyebab anak introvert di PAUD Nurul
Mustofa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, maksudnya
dalam penelitian kualitatif data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka melainkan data
tersebut berasal dari wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, catatan memo, dan
dokumen resmi lainnya. Sedangkan Teknik analis datanya menggunakan deskriptif analisis.
Selanjutnya untuk pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan,
peningkatan ketekunan pengamat dan trianggulasi. Adapun tahapan penelitian yang digunakan
ada 3 tahapan: tahapan pra lapangan, tahap kegiatan lapangan dan pelaporan.
Hasil yang didapatkan dari penelitrian strategi guru dalam membimbing anak introvert di
PAUD Nurul Mustofa Kangenan Pamekasan adalah pertama strategi yang dilakukan guru dalam
membimbing anak introvert dengan membuat kolompok diskusi, memberikan pujian dan hadiah,
memnggunakan kartu kata, melakukan pendampingan secara khusus dan menggunakan kegiatan
bermain peran. Kedua ciri-ciri anak introvert adalah anak dengan kepribadian introvert hanya
berteman dengan satu atau dua orang yang dianggap sebagai teman dekatnya, takut untuk tampil
kedepan dan memiliki konsentrasi yang tinggi. Ketiga. faktor yang menyebabkan anak memiliki
kepribadian introvert yaitu pola asuh otoriter, faktor genetik dan kurangnya perhatian dari orang
tua.
Tidak tersedia versi lain