Text
Metode Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Usia Dini di RA As- Syahidul Kabir I Blumbungan Larangan Pamekasan
Kata Kunci: Strategi Guru, Prestasi Belajar
Tujuan dari penelitian ini yakni: 1. untuk mengetahui Bagaimana Metode Guru dalam
Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Usia Dini di RA As- Syahidul Kabir I Sumber Batu, 2. Untuk
Mengetahui Apa Saja Manfaat (Kelebihan dan Kekurangan) dari Metode yang digunakan Untuk
Meningkatkan Pretasi Belajar Anak Usia Dini di RA As- Syahidul Kabir I Sumber Batu, 3. Untuk
mengetahui bagaimana perkembangan prestasi belajar anak usia dini di RA As- Syahidul Kabir I
sumber batu.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif yaitu
menggambarkan dan mendeskripsikan secara otomatis fakta dan karakteristik objek atau subjek
yang diteliti secara tepat, sehingga metode utama penelitian ini adalah menjelaskan objek
penelitiannya juga menjawab sebuah peristiwa atau fenomena yang terjadi, yang diarahkan untuk
mengkaji lebih kritis teori yang ada dengan keadaan di lapangan tentang Bagaimana Metode Guru
dalam Meningkatkan Prestasi Belajar anak Usia Dini di RA As- Syahidul Kabir I Sumber Batu.
Sumber data dalam penelitian ini yaitu Guru RA As- Syahidul Kabir I Sumber Batu, teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, yaitu catatan lapangan,
profil sekolah, visi, misi, tujuan, data guru, data peserta didik, foto hasil dokumentasi mengenai
strategi guru dalam meningkatkan prestasi belajar anak usia dini, foto raport, foto hasil karya anak
dan foto wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode guru dalam meningkatkan prestasi belajar anak
usia dini di RA As- Syahidul Kabir I cukup baik, hal ini dapat diketahui dari guru yang menerapkan
metode tanya jawab seperti bimbingan yang intens (membibing), pengulangan materi, pemberian
reward. Adapun manfaatnya disini dapat membantu guru supaya pembelajaran terarah. Kemudian
kelebihannyan membuat anak semangat dalam belajar ketika diberikan pujian atau hadiah,
sedangkan kekurangannya disini anak mudah bosan ketika materi pembelajaran setiap hari sama,
terkendala dimasalah biaya ketika ingin memberikan hadiah berupa barang. Kemudian
perkembangan prestasi belajar anak cukup baik, karena prestasi mereka dibidang akademis dan
non akademisnya bagus. Seperti anak bisa menyelesaikan tugas tanpa bantuan dari orang lain, nilai
raport bagus, juga anak menjuarai lomba tahfid jua ‘amma dan lomba mewarnai.
Tidak tersedia versi lain