Text
Analisis Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Pada Anak Usia Dini di TK Al-Qolam Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Strategi Guru, Kesulitan Belajar Membaca, Anak Usia Dini
Fenomena yang terjadi di TK Al- Qolam Tlanakan Pamekasan ialah teradapat
beberapa anak yang masih mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran membaca.
Meskipun tidak banyak yang ditemukan anak yang mengalami kesulitan belajar membaca,
akan tetapi apabila permasalahan tersebut apabila dibiarkan akan membuat anak kesulitan
untuk menghadapi proses pendidikan di jenjang pendidikan selanjutnya. Maka dari itu
peran guru sangatlah dibutuhkan oleh seorang anak usia dini sebagai pembimbing dalam
meningkatkan kemamampuan anak khususnya dalam membaca.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu:
Pertama, bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca anak
usia dini di TK Al-Qolam Tlanakan Pamekasan. Kedua, apa saja faktor yang
mempengaruhi kesulitan belajar membaca anak usia dini di TK Al-Qolam
Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah
deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, menyajikan data dan
verification data. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan ketekunan
peneliti, dan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, strategi guru dalam
mengatasi kesulitan belajar membaca anak usia dini di TK Al-Qolam Tlanakan
Pamekasan, diantaranya ialah guru menggunakan strategi pembelajaran langsung
dengan cara memperkenalkan huruf terlebih dahulu kepada anak, dan anak diminta
mengeja huruf dengan kata yang pendek terlebih dahulu, setelah itu anak diminta
membaca dengan sendirinya. Kedua, faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar
membaca anak usia dini di TK Al-Qolam Tlanakan Pamekasan diantaranya ialah:
faktor intelektual yang dimiliki miliki anak berbeda-beda, faktor lingkungan berupa
kurangnya dukungan dari keluarga terutama kedua orang tua, faktor psikologis
yang meliputi motivasi dan minat anak dalam belajar.
Tidak tersedia versi lain