Text
Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Pendekatan REBT (Rational Emotive Behavior Therapy) Untuk Meningkatkan Konsep Diri Pada Siswa SMP Al-Islamiyah
Kata Kunci: Konseling Kelompok dengan Pendekatan REBT, Konsep Diri
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pra penelitian ketika
melaksanakan wawancara kepada guru BK yang ada di SMP Al-Islamiyah.
Menurutnya, konsep diri 8 siswa dari kelas VIII masih tergolong rendah, dengan
permasalahan seperti, kurang semangat dalam belajar, kurang percaya diri pada
kemampuannya, dan sering membolos. Sikap itu muncul karena pengaruh teman
sebaya, juga dari pemikiran diri mereka sendiri yang menganggap dirinya tidak
bisa, selalu pesimis dan mereka selalu menganggap pergi kesekolah itu karena takut
dimarahi orang tua tanpa dari keinginan sendiri untuk meraih masa depannya.
Permasalahan yang terjadi karena pikiran salah satu alternatifnya yaitu
menggunakan pendekatan REBT (Rational Emotive Behavior Therapy), sehingga
judul penelitian ini adalah “Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Pendekatan
REBT (Rational Emotive Behavior Therapy) Untuk Meningkatkan Konsep Diri
Pada Siswa SMP Al-Islamiyah”. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini,
adalah: 1) Apakah layanan konseling kelompok dengan pendekatan REBT
(Rational Emotive Behavior Therapy) efektif untuk meningkatkan konsep diri pada
siswa SMP Al-Islamiyah?, 2) Apakah ada perbedaan yang signifikan pada skor
konsep diri siswa antara sebelum dan sesudah diberikan pendekatan REBT
(Rational Emotive Behavior Therapy) untuk meningkatkan konsep diri pada siswa
SMP Al-Islamiyah?
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian
design pre-experimental. Bentuk rancangan pada penelitian ini adalah one group
pretest-posttest, yaitu pengukuran diawal dan diakhir. Instrumen yang digunakan
pada penelitian ini berupa skala konsep diri yang diberikan kepada 8 siswa kelas
VIII berdasarkan rekomendasi dari guru BK disana. Teknik Analisa data dalam
penelitian ini menggunakan uji paired samples t test.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 1) konseling kelompok
dengan pendekatan REBT (Rational Emotive Behavior Therapy) efektif untuk
meningkatkan konsep diri pada siswa SMP Al-Islamiyah, 2) terdapat perbedaan
skor yang signifikan pada siswa sebelum dan sesudah diberikan konseling
kelompok dengan pendekatan REBT (Rational Emotive Behavior Therapy) yaitu
perbedaannya sebesar nilai rata-rata pre-test 87,25 dan nilai rata-rata post-test
95,63, dengan selisih rata-rata skor -8.375. berdasarkan hasil uji paired samples t
test yaitu nilai signifikansi (sig. 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,005. Selain itu juga
dibuktikan dengan nilai t hitung yaitu (-10,768) dan nilai t tabel (2,365) yang artinya
nilai t hitung (10,786) > t tabel (2,365). Sehingga hipotesis dalam penelitian ini Ha
diterima dan H0 ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok
dengan pendekatan REBT (Rational Emotive Behavior Therapy) efektif untuk
meningkatkan konsep diri pada siswa SMP Al-Islamiyah
Tidak tersedia versi lain