Text
Efektivitas Metode Tanya Jawab Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Seddur Pakong Pamekasan
Kata Kunci: Efektifitas, Metode Tanya Jawab, Perkembangan Bahasa.
Efektivitas merupakan suatu keadaan yang menunjukkan sejauh mana rencana dapat
tercapai. Efektivitas pembelajaran yang dilakukan menggunakan metode tanya jawab dengan
cara guru memberikan beberapa pertanyaan pada anak dan anak menjawabnya. Sehingga
terciptanya suatu perkembangan bahasa. Perkembangan bahasa adalah kunci dimana anak bisa
mengungkapkan segala sesuatu dengan perlahan. Melalui kegiatan metode tanya jawab
diharapkan anak lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, mampu mengembangkan
kemampuan berbahasa, dan menciptakan suasana yang kondusif didalam kelas.
Maka berdasarkan hal diatas, ada tiga fokus penelitian yang peneliti kaji. Pertama,
Bagaimana efektivitas metode tanya jawab dalam mengembangkan kemampuan berbahasa di TK
Aisyiyah Bustanul Athfal Seddur Pakong Pamekasan: Kedua, apa faktor penghambat dan faktor
pendukung metode tanya jawab dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak di TK
Aisyiyah Bustanul Athfal Seddur Pakong Pamekasan: Ketiga, apa saja kelebihan dan kekurangan
metode tanya jawab dalam mengembangkan kemampuan berbahasa di TK Aisyiyah Bustanul
Athfal Seddur Pakong Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Maksudnya
data yang telah diperoleh yakni dengan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi.
Informasinya adalah kepala sekolah dan guru TK Aisyiyah Bustanul Athfal Seddur Pakong
Pamekasan. Sedangkan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan dan
triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas metode tanya jawab dalam
mengembangkan kemampuan bahasa adalah membuat rencana pelaksanaan pembelajaran harian,
menyediakan media dan alat, menjadi fasilitator. Adapun faktor pendukung metode tanya jawab
adalah sarana yang memadai dan motivasi yang diberikan guru. Sedangkan faktor
penghambatnya adalah kurang percaya diri dan pemalu. Adapun kelebihan metode tanya jawab
yakni dapat menciptakan suasana yang kondusif, dapat menilai anak secara langsung. Sedangkan
kekurangannya adalah pembelajaran yang terlalu monoton dan kurangnya guru pendamping.
Tidak tersedia versi lain