Text
Implementasi Pendidikan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini Di Ra Sabilul Rosyad Pagagan Pademawu Pamekasan
Kata Kunci: Pendidikan karakter, Kemandirian, Anak usia dini
Pendidikan karakter sudah tentu penting bagi semua tingkat pendidikan
yakni dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Secara umum pendidikan
karakter sesungguhnya dibutuhkan semenjak anak usia dini. Pendidikan anak usia
dini membutuhkan bimbingan dari guru maupun orang tua. Dalam penerapan
kemandirian pada anak tentunya harus ada stimulus yang diberikan agar anak dapat
mengoptimalkan perkembangan anak. Salah satu kegiatan yang dapat anak bisa
mandiri itu dengan cara melakukan pembiasaan dalam kegiatan sehari-harinya
misalnya seperti guru mepraktekkan membuang sampah pada tempatnya lalu guru
menyuruh anak untuk memperaktekan apa yang di lakukan guru agar anak bisa
menumbuhkan kemandirian. Salah satu sekolah yang menerapkan pendidikan
karakter kemandirian anak usia dini yaitu RA Sabilul Rosyad Pagagan Pademawu
Pamekasan. Penelitian ini mempunyai dua tujuan untuk dibahas. Pertama, Untuk
mengetahui bentuk implementasi pendidikan karakter kemandirian pada anak di
RA Sabilul Rosyad pagagan pademawu Pamekasan, Kedua, Untuk mengetahui
faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan karakter kemandirian anak
usia dini di RA Sabilul Rosyad Pagagan Pademawu pamekasan.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif
dengan Jenis penelitian deskriptif. Data yang dikumpulkan diperoleh dari hasil
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah dan
guru di RA Sabilul Rosyad Pagagan Pademawu Pamekasan. Dalam menganalisis
datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Adapun
triangualasi yang digunakan adalah triangualasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, implementasi
pendidikan karakter kemandirian anak usia dini di RA Sabilul Rosyad yaitu: Dalam
menanamkan pendidikan karakter dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya
anak diberikan kebebasan dalam memilih kegiatan pembelajaran, membiasakan
anak untuk membaca doa sebelum belajar, anak tertib ketika masuk kelas, mendidik
anak untuk disiplin didalam kelas, mendidik anak usia dini dalam berpakaian,
mendidik anak usia dini untuk selalu berani, mendidik anak memasang kancing
baju dan pada akhirnya anak tersebut akan mengamati dan memahami yang
nantinya sedikit demi sedikit proses perkembangan pendidikan karakternya mulai
berkembang dengan sendirinya. Kedua Faktor pendukung dalam menanamkan
pendidikan karakter kemandirian pada anak usia dini di RA Sabilul Rosyad
Pademawu Pamekasan, diantaranya guru melatih anak dengan memiliki sikap rasa
tanggung jawab, serta kerjasama antara guru dan wali murid yang dapat
membuahkan hasil yang baik pada anak. Adapun faktor penghambat dalam
menanamkan pendidikan karakter kemandirian pada anak usia dini yaitu: daya
tangkap anak yang berbeda-beda, dan Kurangnya sarana dan prasarana.
Tidak tersedia versi lain