Text
“Pengenalan Bahasa Inggris Melalui Metode Storrytelling dengan Menggunakan Media Gambar untuk Anak Usia 4-5 tahun di TK Kasih Bunda Desa Sumedangan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan
Kata kunci : Pengenalan Bahasa Inggris, Metode Storrytelling, Anak Usia 4-5 Tahub
Bahasa inggris sangatlah penting untuk dikenalkan pada anak sejak usia dini, agar anak
bisa mengenal bahasa inggris sejak dini untuk dijadikan bekal nanti kalau sudah dewasa biar
mereka itu tidak akan merasa asing lagi jika mendengar orang berbicara bahasa inggris.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga pembahasan yang menjadi fokus dalam
penelitian ini, yaitu pertama Bagaimana penerapan metode storytelling dengan menggunakan
media gambar dapat mengenalkan bahasa inggris pada anak usia 4-5 tahun Di TK Kasih Bunda
Desa Sumedangan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. kedua Apa faktor pendukung
dan penghambat dalam pengenalan Bahasa inggris anak usia 4-5 tahun melalui metode
storytelling dengan menggunakan media gambar Di TK Kasih Bunda Desa Sumedangan
kecamatan pademawu kabupaten pamekasan. dan ketiga Apa saja manfaat pengenalan bahasa
inggris melalui metode storytelling dengan menggunakan media gambar pada anak usia 4-5
tahun di TK Kasih Bunda desa Sumedangan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informanya adalah guru kelas kelompok A dan guru
pendamping kelompok A di TK Kasih Bunda desa Sumedangan Kecamatan Pademawu
Kabupaten Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya dilakukan melalui trigulasi
sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara guru melakukan kegiatan pengenalan bahasa inggris
melalui metode storytelling yaitu dilakukan dengan cara bercerita dan memperlihatkan media
gambar pada anak yang sesuai dengan tema pembelajaran. Untuk faktor pendukung dalam
kegiatan pengenalan bahasa inggris melalui metode storytelling dengan menggunakan media
gambar pada anak usia 4-5tahun di TK Kasih Bunda yaitu tersedianya media gambar dan ekpresi
guru yang menarik saat bercerita. Dan faktor penghambatnya yaitu kurangnya media gambar dan
anak yang memiliki keterlambatan dalam berbicara. Dan manfaat dari pengenalan bahasa
inggris melalui metode storytelling dengan menggunakan media gambar pada anak usia 4-5
tahun di TK Kasih Bunda yaitu melatih konsentrasi anak dan stimulus perkembangan bahasa
anak.
Tidak tersedia versi lain