Text
Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Efikas Diri Pada Siswa Di MA Al-Qodiry Sentol
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Assertive Training, Efikasi Diri.
Efikasi diri adalah keyakinan individu mengenai kemampuan dirinya
dalam melakukan tugas atau tindakan yang diperlukan untuk mencapai hasil
tertentu. permasalahan efikasi diri yang terjadi di MA Al-Qodiry seperti
mencontek jika mengerjakan soal yang sulit, sulit mengungkapkan pendapat dan
mengatakan hal yang sejujurnya. Adapun rumusan masalah penelitian ini,
Apakah layanan Bimbingan kelompok dengan teknik assertive training efektif
untuk meningkatkan efikasi Diri pada siswa di MA Al Qodiry Sentol. Tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok
dengan teknik Assertive Training efektif untuk meningkatkan efikasi diri pada
siswa di MA Al-Qodiry sentol.
Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian
design pre-experimental. Bentuk rancangan pada penelitian ini adalah one group
pre test-post test, yaitu pengukuran di awal dan diakhir. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini berupa skala Efikasi diri, dengan uji validitas awal
sebanyak 55 item pernyataan dan hasil akhir dari validitas terdapat 26 pernyataan
yang valid dan siap diberikan. Realibilitas dalam penelitian ini yaitu 0,909 > 0,06
Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon.
Hasil analisis efektifitas Bimbingan kelompok dengan teknik Assertive
Training sebesar nilai rata-rata pre-test 69,33 dan post-test 82,83, dengan selisih
rata-rata skor -13,5. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon yaitu nilai signifikansi (sig.2-
tailed) sebesar 0,003 < 0,05. Nilai sum of range yaitu 0 sehingga bisa dikatakan
bahwa penelitian ini berhasil dan tidak ada penurunan dari nilai pretest dan
posttest. Sedangkan positive range menunjukkan nilai 11 yang artinya terdapat 11
siswa mengalami peningkatan efikasi diri, nilai dari mean range sebesar 6,00
sedangkan sum of range 66,00. Disini terdapat 1 siswa yang tidak memiliki
penurunan maupun peningkatan hal itu dapat dilihat dari nilai ties pada hasil uji
Wilcoxon.Sehingga hipotesis dalam penelitian ini (Ha) diterima dan Ho ditolak.
Hal ini dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik Assertive
Training efektif untuk meningkatkan efikasi diri pada siswa di MA Al-Qodiry
Sentol
Tidak tersedia versi lain