Text
Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Behavioral Teknik Modelling Untuk Mengurangi Kecenderungan Kecanduan Game Online Pada Siswa Di SMP Negeri 2 Pademawu
Kata Kunci: Konseling Kelompok dengan Teknik Modelling, Kecanduan Game
Online.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pra penelitian peneliti ketika
melaksanakan pengamatan langsung di lapangan, masalah yang terjadi di SMP
Negeri 2 Pademawu yaitu banyaknya siswa yang terganggu pembelajaran di sekolah.
Akibatnya, siswa mengalami kecanduan game online. Menurut guru BK, siswa pada
saat ujian terburu-buru mengerjakan dan sisa waktunya dimanfaatkan siswa untuk
bermain game online. Serta siswa mendapat laporan dari guru BK untuk masuk ke
ruang BK gara-gara sering bermain game online. Semestinya, handphone itu tidak
mengganggu aktivitas pembelajaran di sekolah. Tapi, kenyataannya pembelajaran
sekolah diganggu dengan adanya siswa yang sering bermain game online. Oleh sebab
itu, permasalahan yang terjadi karena perilaku salah satu alternatif yaitu
menggunakan teknik modelling, sehingga judul dalam penelitian ini adalah
“Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Behavioral Teknik Modelling
Untuk Mengurangi Kecenderungan Kecanduan Game Online Pada Siswa di SMP
Negeri 2 Pademawu”. Adapun rumusan masalah penelitian ini, adalah : Apakah
konseling kelompok dengan pendekatan behavioral teknik modelling dapat
mengurangi kecenderungan kecanduan game online pada siswa di SMP Negeri 2
Pademawu?
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian design
pre-experimental. Bentuk rancangan pada penelitian ini adalah one group pre testpost test, yaitu pengukuran diawal dan diakhir. Instrument yang digunakan dalam
penelitian ini berupa skala kecanduan game online yang akan diberikan kepada tujuh
orang siswa sesuai dengan rekomendasi guru BK. Teknik analisa dalam penelitian ini
menggunakan uji paired sampel t test.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan
teknik modelling efektif untuk mengurangi kecanduan game online pada siswa di
SMP Negeri 2 Pademawu. Berdasarkan hasil uji paired sampel t test yaitu nilai
signifikansi (sig.2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Serta nilai rata-rata pre-test 85,29 dan
rata-rata post-test 65,57., dengan selisih rata-rata skor 19,714. Selain itu dibuktikan
juga dengan nilai t hitung yaitu 12,686 dan nilai t tabel sebesar 2,447 artinya nilai t
hitung (12,686) > t tabel (2,447). Sehingga hipotesis dalam penelitian ini Ha diterima
dan H0 ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik
modelling efektif untuk mengurangi kecanduan game online pada siswa di SMP
Negeri 2 Pademawu.
Tidak tersedia versi lain