Text
Implementasi media pembelajaran sains terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di TK Muslimat NU Nurul Hasanah Panglegur Pamekasan,
Kata kunci: Media Pembelajaran Sains, Perkembangan Kognitif anak usia dini.
Konteks penelitian ini berdasarkan media pembelajaran yang digunakan
dalam lembaga TK Muslimat NU Nurul Hasanah Panglegur Pamekasan khususnya
dalam media pembelajaran sains yang belum maksimal pada pengunaannya, hal ini
terlihat dalam mengenal benda berdasarkan fungsinya dan menunjukan aktivitas dalam
memecahkan masalah yang di hadapinya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah
media yang digunakan dalam mengembangkan kognitif khususnya dalam pembelajaran
sains belum maksimal baik dari penerapan serta pemanfaatan dalam media tersebut. hal
ini terlihat dalam mengenal benda berdasarkan fungsinya, menunjukan aktifitas yang
bersifat eksploratif dan dalam memecahkan masalah yang dihadapinya. Oleh karena itu
rumusan pemecahan masalah ini adalah Bagaimana penerapan Penggunaan Media
Pembelajaran Sains untuk Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK MUSLIMAT
NU Nurul Hasanah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian deskriptif
kualitatif yang melibatkan 3 orang guru kelas B di TK MUSLIMAT NU Nurul
Hasanah. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data
penarikan kesimpulan, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan keabsahan data dengan
melakukan uji kredibilitas menggunakan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa proses pembelajaran sains telah dilakukan secara bertahap-tahap,
pertama melakukan persiapan, kedua melakukan pelaksanaan, dan terakhir ketiga
melakukan kegiatan penutup.
Tujuan dari penelitian ini yakni: 1. Untuk mendeskripsikan penerapan pemanfaatan
media pembelajaran sains terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di TK
Muslimat NU Nurul Hasanah Panglegur Pamekasan. 2. Untuk mendeksripsikan faktor
pendukung dan penghambat dalam penerapan pemanfaatan media pembelajaran sains
terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di TK Muslimat NU Nurul Hasanah
Panglegur Pamekasan.
Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif
deskriptif, sumber data yang diperoleh adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik pengumpulan data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan menarik
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwasanya kemampuan anak dalam perkembangan
kognitif yang di peroleh dalam penerapan pemanfaatan media pembelajaran sains
menggunakan metode eskperimen pembuatan susu pelangi dilakukan secara bertahap
mulai dari peencanaan, media pembelajaran yang digunakan, pengenalan serta
pelaksanaan dalam kegiatan ini. Pada kegiatan dilakukan guru sudah menyiapkan
berbagai macam alat dan bahan yang akan digunakan, namun hal ini kurang optimal
dalam mengembangkan indikator pencapaian yang diamati dalam penelitan ini, 1).
Menunjukan aktivitas yang menunjukan eksploratif, 2) mengenal sebab akibat tentang
lingkungan, 3) memecahkan masalah dalam kehidupan sehari hari. Hal ini disebabkan
oleh media sains yang digunkan kurang tepat karena tidak menjadikan alam sebagai
media utama yang digunakan, sebab melalui media alam, perkembangan kognitif anak
usia dini mudah tergali.
Tidak tersedia versi lain