Text
Hubungan Media Pembelajaran “Bussy Book” Terhadap Kemampuan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Indonesia Pada Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita Pakong
Kata Kunci : Hubungan Media Pembelajaran Bussy Book
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan media pembelajaran “bussy book” terhadap kemampuan penguasaan kosa kata Bahasa Indonesia pada anak usia dini di TK Dharma Wanita Pakong. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah Penelitian Kuantitatif metode korelasi product moment yang dilaksanakan di TK Dharma Wanita Pakong. Subjek penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 26 anak, yang terdiri dari 14 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Objek yang diteliti adalah kemampuan penguasaan kosa kata Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah Angket (Kuesioner) dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan media pembelajaran “Bussy Book” terhadap kemampuan penguasaan kosa kata Bahasa Indonesia pada anak usia dini. Hal ini ditunjukkan dengan diperolehnya nilai “r” kerja nilai positif sebesar 0,917. Nilai “r” kerja yang sebesar 0,917 adalah lebih besar dari kritik harga product moment baik dalam interval kepercayaan 95% maupun interval kepercayaan 99%, yang dimana interval kepercayaan 95% adalah 0,388 dan dalam interval kepercayaan 99% adalah 0,496. Jadi rkerja ≥ rtable dan menandakan bahwa “r” kerja signifikan, dimana ada hubungan media pembelajaran “Bussy Book” terhadap kemampuan kosa kata Bahasa Indonesia dan juga diketahui nilai r kerja yang bernilai 0,917 berada diantara 0,90 -1,00. Ini artinya variabel X (Hubungan Media Pembelajaran Bussy Book) dan variabel Y (Penguasaan Kosa Kata Bahasa Indonesia) memiliki hubungan/korelasi yang sangat kuat atau sangat tinggi.
Tidak tersedia versi lain