Text
Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Finger Painting di TK Al-Qur’an Matsaratul Huda Panempan Pamekasan
Kata Kunci:Stimulasi, Perkembangan Motorik Halus Anak, Finger Painting
Terdapat kegiatan proses pembelajaran dengan menggunakan media finger
paintingdi TK Al-Qur’an Matsaratul Huda Panempan diharapakan
dapatmemberikan rangsangan terhadap anak untuk mengembangkan motorik
halusnya. Dalam penerapan finger painting dimana tidak setiap lembaga
pendidikan anak usia dini menerapkan kegiatan tersebut. Sedangkan kegiatan
finger painting ini tidak hanya mengembangkan motorik halusnya saja melainkan
aspek perkembangan lainnya oleh karena itu peneliti sangat tertarik untuk meneliti
kegiatan tersebut.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu:
Pertama, bagaimana kegiatan finger painting yang dapat menstimulasi
perkembangan motorik halus AUD di TK Al-qur’an Matsaratul Huda Panempan
Pamekasan. Kedua, Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam
melaksanakan kegiatan finger painting terhadap perkembangan motorik halus
AUD di TK Al-qur’an Matsaratul Huda Panempan Pamekasan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah
deskriptif.Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi.Analisis data dengan melakukan reduksi data, menyajikan data dan
verification data.Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan
perpanjangan kehadiran, observasi diperdalam, trianggulasi, uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama,kegiatan finger painting
yang dapat menstimulasi perkembangan motorik halus anak usia dini di TK AlQur’an Matsaratul Huda, terdapat langkah-langkah diantaranya ialah: a). guru
memilih tema dan menyusun RPPH, b). guru menyiapkan alat, media dan bahan
yang akan digunakan, c). guru menjelaskan gambar yang akan dilukis di media,
d). guru menjelaskan cara mengerjakan tugas kepada anak, e). guru membimbing
anak dan memberikan motivasi dalam mengerjakan tugas, f). guru meminta anak
untuk mengumpulkan hasil karyanya, g). guru melakukan evaluasi.Kedua,faktor
pendukung dalam melaksanakan kegiatan finger painting terhadap perkembangan
motorik halus anak usia dini di TK Al-Qur’an Matsaratul Huda, ialah: a). Faktor
genetic, faktor keturunan yang dapat menunjang perkembangan motoric yang
tinggi sehingga menyebabkan perkembangan motorik anak menjadi baik dan
cepat. b). Keterampilan bertanya pendidik merupakan salah satu cara pendidik
untuk menarik perhatian pendengaran peserta didik. c). Keluwesan pendidik,
sehingga ketika peserta didik bertanya maka pendidik akan menjawab pertanyaan
tersebut dengan baik, d). Sarana dan prasarana yang dimiliki sangat memadai.
Sedangkan faktor penghambat ialah: a). Anak yang nakal dan sulit untuk di atur
disebabkan karena kurangnya minat anak terhadap materi yang diajarkan. b).
Terdapat sebagian anak-anak yang daya tangkap atau daya serapnya lambat
terhadap materi yang disampaikan oleh gurunya.
Tidak tersedia versi lain