Text
Efektifitas Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Sikapa Prososial Kepada Siswa Di MAN 1 PAMEKASAN
Kata kunci: Bimbingan klasikal, Sikap prososial, Siswa.
Di dalam lingkungan sekolah siswa tidak hanya sekedar belajar menerima
ilmu pengetahuan akan tetapi siswa di ajarkan untuk bersikap salah satunya yaitu
sikap prososisal. Sikap prososial merupakan sikap menolong orang lain yang
membutuhkan bantuan. Sikap prososial dilingkungan sekolah banyak diterapkan oleh
siswa hal tersebut agar siswa dapat berinteraksi dengan siswa lainnya. Perilaku sikap
prososial sangat mempengaruhi terhadap proses belajar terhadap siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana efektifitas layanan
bimbingan klasikal untuk meningkatkan sikap prososial siswa MAN 1 Pamekasan.
Tujuan penelian ini yaitu untuk mengetahui efektif layanan bimbingan klasikal untuk
meningkatkan sikap prososial siswa di MAN 1 Pamekasan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif
pendekatan eksperimen. Subjek yang diteliti sebanyak 24 siswa. Pengumpulan data
yang digunakan adalah angket dan wawancara. Teknik yang digunakan yaitu analisis
non parametik Wilcoxon. Penelitian ini menggunakan penelitian non parametik
karena untuk menguji untuk menguji perbedaan skor pre-test dan post-test apakah ada
perubahan sikap prososial atau tidak. Analisis data tersebut menggunakan bantuan
SPSS Versi 25.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan klasikal dengan
menggunakan metode media audiovisual efektif terhadap peningkatan sikap prososial
siswa kelas XII IPA 4 di MAN 1 Pamekasan. Sedangkan tingkat efektivitas layanan
bimbingan klasikal dengan metode media audiovisual terhadap peningkatan sikap
prososial siswa kelas XII IPA 4 di MAN 1 Pmekasan menunjukkan hasil yang
signifikan, dibuktikan dengan hasil uji Wilcoxon rata-rata peningkatan yaitu 12,50
yang hal itu dapat dibuktikan dengan nilai Asimpig.Sig yaitu 0,012 yang lebih kecil
dari 0,05. artinya ada peningkatan signifikan nilai antara pretest ke posttest. Hal ini
juga diperkuat oleh data hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti, siswa
mengalami perubahan sikap prososial setelah diberikan treatment. Jadi dapat
disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan metode media
audiovisual efektif terhadap peningkatan sikap prososial siswa kelas XII IPA 4 di
MAN 1 Pamekasan
Tidak tersedia versi lain