Text
Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini 5-6 Tahun Menggunakan Media Cantol Gambar di RA AS-Sholihin Kertek Pademawu Pamekasan
Kata Kunci : Peningkatan, Membaca, Cantol Gambar
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan membaca
pada anak usia dini. Kemampuan membaca anak usia dini di RA AS-Sholihin masih tergolong
rendah, hal ini disebabkan karena kurangnya kreatifitas guru dalam proses pembelajaran. Pada saat
mengajar guru menggunakan cara yang monoton dan tidak menggunakan media, akibatnya anak
menjadi cepat jenuh dan bosan
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam
penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana efektivitas media cantol gambar dapat meningkatkan
kemampuan membaca anak usia dini 5-6 tahun di RA AS-AS-Sholihin, kedua bagaimana
peningkatan kemampuan membaca anak usia dini di RA AS-Sholihin menggunakan media cantol
gambar
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc. Taggart.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2023 dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelompok B RA AS-Sholihin yang berjumlah 18 anak. Tehnik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Sementara instrumen penelitian
menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan membaca pada anak
usia dini di kelompok B RA AS-Sholihin dengan menggunakan media cantol gambar. Peningkatan
ini dapat dilihat dari hasil obeservasi yang meningkat pada setiap siklusnya. Hasil yang di peroleh
pada siklus I nilai rata-ratanya mencapai 39%, pada siklus II mencapai 61%, dan pada siklus III
mencapai 89%. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa penggunaan media cantol gambar dapat
meningkatkan kemampuan membaca anak.
Berdasarkan pernyataan diatas, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan media cantol
gambar di RA AS-Sholihin dikatakan sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran anak. Yaitu,
dengan menggunakan media cantol gambar suasana belajar terasa lebih menyenangkan, dan anak
lebih tertarik dalam belajar membaca. Sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan
membaca mereka.
Tidak tersedia versi lain