Text
Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Peningkatan Regulasi Emosi Siswa Di SMP Negeri 7 Pamekasan,
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama dan Regulasi Emosi.
Masa remaja merupakan fase peralihan antara masa anak-anak menuju
masa atau fase dewasa. Di masa inilah banyak terjadi perubahan pada individu
yang meliputi semua aspek perkembangan seperti perubahan fisik, sosial, moral
dan juga kepribadian. Emosi bagi manusia merupakan sebuah hal yang lumrah,
setiap individu juga memiliki respon yang berbeda. Namun, emosi dalam diri
individu akan menjadi deskruktif ketika emosi tersebut tidak diungkapkan secara
tepat atau mendapat feedback yang positif. Hal inilah yang membuat individu
sering mengalami problematika-problematika atau gangguan sosial.
Ketidakmampuan untuk mengatur emosi sering kali menyebabkan remaja
cenderung mengalami pertikaian atau gangguan psikologis seperti depresi, stress,
gangguan kecemasan, serta gangguan kepribadian lain. Ada beberapa faktor yang
menyebabkan tingkat regulasi emosi pada siswa menjadi rendah diantaranya ada
faktor kelompok, faktor keluarga dan faktor media sosial yang menjadi faktor
utama penyebab siswa memiliki tingkat regulasi yang berbeda-beda. Meskipun
perlu penelitian lebih lanjut mengenai hal ini, namun siswa bisa melakukan
beberapa langkah untuk menangani emosi secara baik bahkan sebelum situasi
yang tidak diinginkan terjadi. Dalam mengatasi problem tersebut, maka dari itu
peneliti ingin mengangkat penelitian terkait regulasi emosi siswa serta melakukan
kegiatan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama sebagai upaya konselor
dalam mengarahkan perkembangan emosi yang lebih baik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan jenis
pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain One Group
Pretest-Posttest. Uji validitas dan uji reabilitas menggunakan program SPSS 25.0
for windows. Data penelitian dianalisis dengan teknik Deskriptif data dan
pengolahan data dengan uji Paired Sample t Test.
Hasi penelitian ini menunjukkan bahwa teknik sosiodrama dalam layanan
bimbingan kelompok berkontribusi dalam mengembangkan regulasi emosi siswa,
hal ini dilihat dari nilai t hitung 17,837 lebih besar dari t tabel 2,064 maka ada
pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Ada perbedaan skor
yang signifikan pada tingkat regulasi emosi siswa di SMP Negeri 7 Pamekasan
setelah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Hal ini
dibuktikan dengan adanya perbedaan dari hasil rata-rata pre-test dan post-test
yang ditunjukkan dengan nilai uji paired sample t test (2-tailed) sebesar 0,000
kurang dari 0,05.
Tidak tersedia versi lain