Text
Penerapan Metode Bernyanyi dalam Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia Dini di Tk An-Nizari Desa Bindang Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Kosa Kata Bahasa Inggris, Anak Usia Dini
Dalam hal pendidikan tidak terlepas dari pembelajaran bahasa inggris
karena bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang harus diketahui dan
dipelajari sejak usia dini.Kemampuan bahasa inggris anak usia dini dapat
mengucapkan lebih dari 2.500 kosa kata maka dari itu kosa kata bahasa inggris
pelu diajarkan sejak usia dini karena pada sejak itu anak cepat merekam atau
Anakmenerima apa yang diajarkan kepadanya. Dan pembelajaran bahasa inggris
pelu mengunakan metode yang menyenangkan seperti bernyanyi karena metode
bernyanyi merupakan kegiatan yang paling penting bagi anak karena bernyanyi
dapat mengungkapkan pikiran dan perasaan selain itu bernyanyi sangat digemari
oleh nak usia dini. Dengan bernyanyi anak akan lebih tertarik dalam mengikuti
pembelajaran, daya ingat akan lebih terasah karena sering dinyanyikan dan akan
lebih tepat dalam mengucapkan pembendaharan kosa kata.
Maka berdasarkan hal diatas, ada dua fokus penelitian yang peneliti kaji.
Pertama, Bagaimana Penerapan Metode bernyanyi dalam Penguasaan Kosa Kata
Bahasa Inggris Anak Usia Dini Di Taman Kanak-kanak An-Nizari Desa Bindang
Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan: Kedua, Apa Saja Faktor Pendukung
dan penghambat dalam Penerapan Metode Bernyanyi dalan Pengusaan Kosa Kata
Bahasa Inggris Anak Usia Dini di Taman kanak-kanak An-Nizari Desa Bindang
Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan.
Peneliti meggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Maksudnya data yang dikumpulkan dan diperoleh dari hasil observasi, wawancara
dan dokumentasi. Dari informasi Kepala sekolah dan tenaga pendidikan Di TK
An-Nizari Desa Bindang Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode bernyanyi dalam
penguasaan kosa kata bahasa inggris adalah membuat rencana pelaksanaan
pembelajaran harian dan beberapa tahapan, tahapan pertama yaitu mendengar dan
menirukan artinya guru bernyanyi bahasa inggris memggunanakan gerakan
telebih dahulu setelah itu diikuti oleh anak, tahapan yang kedua anak disuruh
untuk melapalkan kosa kata yang terdapat dalam nyanyian tersebut dengan
bantuan guru agar mengucapan pembendaharan kata anak tepat dan benar dan
terakhir yaitu anak menghafalkan lirik lagu yang sudah dilafalkan oleh anak agar
membantu daya ingat anak. Sedangkan faktor pendukung dalam menerapkan
metode bernyanyi adalah moivasi yang diberikan oleh guru, bahasa ibu/pertama
dan faktor sosial dan faktor penghambatnya adalah anak mempunyai rasa malu
dan pendiam dalam mengikuti pembelajaran dan media pembelajaran kurang
memadai.
Tidak tersedia versi lain