Text
Penggunaan Media Flasd Card dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah pada Anak Kelompok B TK Muslimat Nurul Amien Pakandangan Sangra Bluto Sumenep
Kata Kunci: Media Flasd Card, Huruf Hijaiyah.
Dalam mengembangkan aspek kemampuan nilai moral dan agama, bahasa,
kognitif, sosial emosional, fisik motorik maupuan seni pada anak usia dini
diperlukan media pembelajaran yang beragam dan bervariasi agar stimulasi yang
diberikan kepada anak membuahkan hasil yang maksimal. maka media flasd card
dapat menjadi salah satu solusi yang bersifat kongkrit karena anak dapat melihat
benda secara nyata dalam bentuk tiruan, sehingga anak tidak salah
membayangkan suatu benda. Sementara itu asesmen atau penilaian kemampuan
mengenal huruf hijaiyah anak didik pada anak Kelompok B TK Muslimat Nurul
Amien Pakandangan Sangra Bluto Sumenep dilakukan dengan media flasd card.
Penilaian mengenal huruf hijaiyah berdasarkan flasd card dengan aspek penilaian
yang dinilai dari ketepatan penunjukan detil gambar dan ketepatan huruf hijaiyah.
Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliti adalah penelitian tindakan
kelas, Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan atas empat tahap, yakni tahap
perencanaan, pelaksaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini
tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik observasi, dokumentasi
dan tes. Teknik analisis data adalah berupa perbaikan pembelajaran yang
dilakukan oleh guru dan siswa.
Berdasarkan hasil analisa dan hasil pembahasan bab-bab sebelumnya
dapat disimpulkan 1) Perencanaan pembejaran dengan menyusun Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) persiklus yang difokuskan pada
perencanaan langkah-langkah perbaikan atau skenario tindakan yang diharapkan
dapat mengatasi masalah pembelajaran dan meningkatkan kualitas proses belajar
dengan penggunaan media flasd card dalam meningkatkan kemampuan mengenal
huruf hijaiyah pada anak dan menyiapkan intrumen pengumpulan data yaitu : a)
Lembar penilaian kemampuan mengenal huruf hijaiyah dan b) Lembar evaluasi /
tes akhir tingkat ketuntasan siswa. 2) Langkah-langkah pembelajaran
menunjukkan adanya peningkatan proses belajar yang memuaskan. Pada siklus I
suasana belajar cukup, siklus II mengalami peningkatan, yakni berada pada taraf
kualifikasi cukup baik. 3) Hasil pembelajaran a) Pada tahap awal sebagian besar
anak memiliki kemampuan yang rendah dengan rata-rata nilai 56,59. b) Siklus I
dengan penggunaan media flasd card dan mendapakan nilai rata-rata 67,95. Dan
c) Penggunaan media flasd card dalam meningkatkan kemampuan mengenal
huruf hijaiyah pada anak kelompok B TK Muslimat Nurul Amien Pakandangan
Sangra Bluto Sumenep dalam pembelajaran siklus berdaur dapat meningkatkan
hasil pembelajaran dengan hal ini nilai tes siswa rata-rata 86,82.
Tidak tersedia versi lain